Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Baru Dijual, Tiket Lebaran dari Yogya Langsung Menipis

Rabu 29 Mar 2017 17:30 WIB

Red: Indira Rezkisari

Stasiun Tugu Yogyakarta

Stasiun Tugu Yogyakarta

Foto: dok Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Persediaan tiket kereta api untuk arus balik Lebaran keberangkatan H+1 Lebaran dari Daerah Operasi VI Yogyakarta menuju sejumlah kota seperti Bandung dan Jakarta menipis.

"Tiket untuk keberangkatan H+1 atau lebaran hari ketiga, 27 Juni, sudah mulai dijual hari ini. Tiket dari Yogyakarta ke Jakarta untuk kereta reguler tersisa tipis," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Rabu (29/3).

Menurut dia, puncak arus balik dari Yogyakarta menuju berbagai kota seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya akan terjadi pada H+6 lebaran atau 2 Juli. Tiket untuk keberangkatan tersebut akan dijual pada 3 April.

Eko menyarankan agar calon penumpang dapat membeli tiket secara daring sehingga tidak perlu mengantre di reservasi tiket yang ada di stasiun. Selain itu, pembelian tikat secara daring sudah dapat diakses pada pukul 00.00 WIB.

Namun demikian, Eko menyadari jika layanan tiket secara daring terkadang sulit diakses apabila jumlah calon penumpang yang mengakses dalam waktu bersamaan sangat banyak seperti saat berburu tiket mudik dan balik Lebaran. "Ya memang harus bersiap pada saat tiket mulai dijual. Siapa yang cepat, dia dapat. Tidak ada kuota untuk penjualan tiket secara online, melalui minimarket, reservasi kereta atau melalui agen tiket. Semua tiket dijual secara terbuka," katanya.

Jika ada calon penumpang yang sudah mendapatkan tiket dan tiba-tiba harus membatalkannya, maka tiket tersebut dipastikan akan langsung masuk ke sistem penjualan dan dapat diakses oleh calon penumpang lainnya. "Tidak ada yang namanya menyembunyikan tiket. Semua penjualan dilakukan secara terbuka. Termasuk jika ada calon penumpang yang membeli tiket online tetapi tidak melakukan pembayaran dalam waktu yang sudah ditetapkan. Tiket mereka otomatis langsung masuk sistem lagi untuk dijual," katanya.

Selain menjual tiket kereta reguler, PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta juga akan menjalankan kereta tambahan Lebaran. Hanya saja, tiket untuk kereta ini baru akan dijual pada H-60 Lebaran.

"Masih ada kesempatan untuk membeli tiket kereta Lebaran. Tiket pun akan dijual secara daring," katanya.

PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta akan menjalankan enam kereta tambahan selama masa Angkutan Lebaran 2017 yaitu Argo Lawu, Taksaka, Lodaya, dan Sancaka dengan total 4.916 tempat duduk setiap hari.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA