Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Libur Nyepi, Objek Wisata Palabuhanratu Masih Sepi Pengunjung

Selasa 28 Mar 2017 02:22 WIB

Red: Hazliansyah

Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu

Foto: Antara/Ismar Patrizki

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Objek wisata laut selatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada libur Hari Raya Nyepi masih sepi dari wisatawan atau pengunjung yang datang baik dari maupun luar Sukabumi.

"Objek-objek wisata di Palabuhanratu mulai dari Citepus, Kecamatan Palabuhanratu hingga Cibangban, Kecamatan Cisolok hanya terlihat beberapa wisatawan saja, bahkan jumlahnya lebih banyak saat libur akhir pekan," kata Seketaris Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi Yanyang Nuryanto di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, sepinya pengunjung ini karena pemerintah tidak menetapkan cuti bersama sehingga baik pelajar maupun karyawan masih tetap beraktivitas seperti biasa. Namun belum diketahui apakah pada malam hari wisatawan yang datang akan bertambah atau tidak.

Namun informasi dari pengelola penginapan saat ini 50 persen kamar sudah terpesan. Ini kemungkinan wisatawan datang setelah selesai bekerja atau sekolah sehingga untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya meningkatkan pengamanan di area wisata khususnya pantai.

"Untuk sekarang wisatawan yang datang masih didominasi warga Sukabumi, walaupun sudah terlihat kendaraan berplat Jakarta dan daerah lainnya parkir di hotel dan objek wisata," tambahnya.

Di sisi lain, Yanyan mengatakan adanya pengurangan jumlah wisatawan ini kemungkinan disebabkan akses jalan menuju Palabuhanratu yang rusak belum lagi jika dari arah Jakarta atau Bogor kerap terjadi kemacetan.

Maka dari itu, ia meminta pemerintah terkait untuk segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut karena tempat wisata Palabuhanratu ini merupakan salah satu andalan Pemkab Sukabumi apalagi sudah masuk dalam kawasan Geopark.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA