Sabtu 25 Mar 2017 22:34 WIB

Beginilah Cara Komunitas Menjaga Kesatuan dalam Keberagaman

Komunitas otomotif membangun kepedulian dengan menggelar aksi bersama
Foto: dok Carmudi
Komunitas otomotif membangun kepedulian dengan menggelar aksi bersama

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Menjaga persatuan bangsa dalam bingkai keberagaman saat ini menjadi isu utama yang didengungkan banyak pihak. Kalangan komunitas otomotif punya cara sendiri dalam mewujudkan hal itu melalui aksi bakti sosial ke tempat ibadah.

Aksi yang dikemas situs jual beli kendaraan, Carmudi dengan tema Journey to Unity itu sengaja menggandeng sejumlah komunitas otomotif. Seperti Avega Family Club Indonesia (AFCI), Adira Touring Club (ATC), Hyundai Matrix Owner Group Indonesia (MOGI), Hyundai Trajet Family Club (TFC), Hyundai Atoz Club Indonesia (ACI), Hyundai i10 Club  (Hi10)dan Mazda 2 Club (M2 Unity). 

Keberagaman dari 50 unit mobil ini berjalan mengarungi jarak tempuh sekitar 571 kilometer yang dimulai Sabtu (25/3)  dari Jakarta menuju Cirebon, Semarang  dan berakhir di Solo. Seluruh peserta akan memberikan santunan kepada Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningrat dan Masjid Al-Hikmah di Solo.

Untuk mewujudkan gagasan itu, Carmudi menggandeng lembaga keuangan seperti Bank BJB, Adira Finance dan Adira Insurance. "Kami paham betul kalau komunitas menjadi salah satu audience kami," kata Subir Lohani, CEO Carmudi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (25/3). 

Pemilihan lokasi tersebut berdasarkan simbol keberagaman serta kerukunan antar umat beragama yang selalu terjaga dan harmonis di kota Solo. Lokasi GKJ Joyodiningrat dan Masjid Al-Hikmah Solo yang bersebelahan persis merupakan bukti nyata indahnya keharmonisan dalam keberagaman  Indonesia. 

Touring yang didominasi  komunitas mobil keluarga ini sekaligus merupakan wujud komitmen Carmudi dalam membangun hubungan baik dengan komunitas otomotif. Perjalanan yang ditempuh selama dua hari ini diikuti oleh 110 orang dewasa dan 45 anak-anak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement