Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Begini Program Mengurangi Sampah Ala SMPN 5 Depok

Sabtu 18 Mar 2017 05:50 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Smpah plastik (ilustrasi)

Smpah plastik (ilustrasi)

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- SMPN 5 Beji Timur, Depok, kini punya cara jitu untuk mengurangi volume sampah di Kota Depok. Caranya, dengan meminta siswa membawa wadah makanan, sehingga saat jajan di kantin sekolah, siswa tidak perlu lagi diberikan plastik pembungkus makanan. "Kebiasaan ini sudah kami terapkan," kata Kepala Sekolah SMAN 5 Depok, Purnomo, Jumat (17/3).

Purnomo mengatakan, kebiasaan tersebut ternyata mendapat respons siswa cukup besar. "Alhamdulillah responsnya cukup bagus, meskipun masih ada beberapa siswa yang lupa membawa tempat makan maupun minuman," ungkapnya.

Menurut Purnomo, untuk mendukung kegiatan itu, pedagang di kantin pun juga diingatkan pihaknya untuk tidak menggunakan plastik dan sejenisnya untuk makanan yang dijajakan. "Imbauan ini juga cukup efektif, dan itu terlihat dengan volume sampah yang dihasilkan di SMPN 5 Depok juga terus berkurang. Dengan begitu, sampah yang diserahkan ke Unit Pengolahan Sampah (UPS) juga lebih sedikit," tuturnya.

Purnomo berharap, ke depan siswa dapat terus menerapkan kegiatan itu, agar nantinya sampah yang dihasilkan di Kota Depok dapat berkurang jumlahnya. Kegiatan ini juga dapat menjadi contoh bagi sekolah lain untuk turut serta berkontribusi mengurangi volume sampah di Kota Depok. 

"Semoga kegiatan yang kami lakukan dapat diterapkan dapat mengurangi volume sampah di Kota Depok tidak  menumpuk," harapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA