Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Kota-Kota Terbaik yang Layak Jadi Tempat Tinggal

Rabu 15 Mar 2017 13:30 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani

Pemandangan alam di Austria.

Pemandangan alam di Austria.

Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Wina, ibu kota Austria, menjadi kota yang paling tinggi kualitas hidupnya. Bahkan, Wina sudah delapan kali berturut-turut mendapatkan predikat tersebut. Adapun Wina dengan 1,8 juta penduduk mendapatkan predikat layak huni karena sejumlah alasan. Mislanya biaya rumah dan transportasi umum yang murah dibandingkan kota lain. Arsitektur, kebersihan, pendidikan, hingga rekreasi pun dianggap memadai.

Selain Wina, kota lain yang dianggap layak untuk ditinggali adalah Zurich di Swiss; Auckland, Selandia Baru; Munich, Jerman, dan Vancouver, Kanada. Kota-kota besar dunia seperti London, Paris, Tokyo dan New York tak masuk dalam daftar utama kota yang layak ditinggali.

Dilansir dari laman Independent Rabu (15/3), Survei dilakukan di 231 kota berdasarkan berbagai indikator. Sebut saja stabilitas politik, kesehatan, pendidikan, kejahatan, rekreasi, dan transportasi.

Sementara untuk kawasan Asia, Singapura menjadi kota Asia dengan peringkat tertinggi, pada posisi 25. Dikawasan Amerika Serikat, San Fransisco menempati urutan ke 29. Di kawasan Afrika ditempati Durban, Afrika Selatan di peringkat 87.

Untuk kota yang paling tidak layak kembali ditempati oleh Baghdad, Irak. Hal ini karena gelombang kekerasan dan perang yang tak kunjung usai.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA