DPR Apresiasi Pengembangan Wisata Sungai Martapura

Rabu , 01 Mar 2017, 14:11 WIB
 Tim Kunker Komisi V DPR meninjau lokasi pengembangan dan penataan wisata di Sungai Martapura Banjarmasin.
Foto: dpr
Tim Kunker Komisi V DPR meninjau lokasi pengembangan dan penataan wisata di Sungai Martapura Banjarmasin.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Wakil Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memimpin langsung Tim Kunker Komisi V DPR meninjau lokasi pengembangan dan penataan wisata di Sungai Martapura Banjarmasin. Lasarus menyampaikan sepanjang Sungai Martapura sudah cukup bagus penataannya dan bisa menjadi rekomendasi wisata di Banjarmasin.

"Kita lihat sepanjang sungai ini sudah sangat bagus penataannya dan bisa menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata di Banjarmasin," ujar dia, Senin (27/2).

Lasarus menegaskan, Komisi V DPR akan mendukung pengembangan dan penataan sungai asalkan tidak merugikan masyarakat. Sejatinya pengembangan dan penataan sungai bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kita akan mendukung upaya pengembangan dan penataan sungai di Banjarmasin ini, asalkan tidak merugikan masyarakat," kata dia.

Sungai Martapura dikenal sebagai destinasi wisata yang memiliki pasar apung yang tentunya menjadi daya tarik sendiri. Politikus PDI Perjuangan ini juga mengatakan Sungai Martapura akan menjadi tempat yang enak, ruang terbuka yang enak buat santai bagi masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya.

Sementara, Kadis Pariwisata Pemkota Banjarmasin Ehsan El Haque mengatakan bahwa program pengembangan wisata ini, diharapkan mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat dan provinsi. Setiap hari Sabtu dan Minggu, wisatawan yang ingin menyaksikan pasar terapung, tidak harus pergi dengan menggunakan kapal ke sungai Barito, tetapi cukup datang ke siring di depan kantor Gubernur Kalsel.

"Wisata sungai merupakan wisata yang cukup unik, yang bisa dijual secara nasional maupun internasional, asalkan didukung dengan infrastruktur yang memadai," kata dia.