Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Saturday, 26 Ramadhan 1442 / 08 May 2021

Jam Unik Tunjukkan Waktu dengan Bola Magnetik Melayang

Senin 27 Feb 2017 15:08 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri

Jam Unik Tunjukkan Waktu dengan Bola Magnetik Melayang.

Jam Unik Tunjukkan Waktu dengan Bola Magnetik Melayang.

Foto: Gizmodo

REPUBLIKA.CO.ID, Terobsesi mengoleksi barang-barang unik seperti pada film Doctor Strange? Itu bukan sekadar imajinasi, karena teknologi kian memungkinkan Anda memiliki benda-benda 'magis' serupa dengan yang ada di markas rahasia dokter sekaligus penyihir itu.

Salah satunya adalah jam unik bernama Story, produk keluaran Flyte. Jam berbahan dasar kayu ini menunjukkan waktu bukan dengan sejumlah jarum melainkan dengan bola magnetik yang melayang di permukaannya.

Inovasi yang sedang dikampanyekan lewat platform pendanaan Kickstarter tersebut bisa dipesan dengan harga 399 dolar AS (sekira Rp 5,3 juta). Jangan khawatir kena tipu, karena reputasi Flyte cukup baik dan memang dikenal sebagai perusahaan pembuat gawai tak biasa yang melibatkan benda melayang.

Story bekerja dengan menerapkan satu set peralatan magnetik yang membuat bola penunjuk waktu bergerak pada jalurnya. Jam yang bisa dipasang mendatar maupun menggantung pada dinding ini memiliki penerangan LED di bawah permukaan kayunya.

Perangkat bisa diubah dalam tiga mode, yakni Journey, Clock, dan Timer. Mode clock menunjukkan jam, fitur timer menghitung waktu, sementara journey memberikan pilihan interval waktu sekaligus menunjukkan waktu dan tanggal aktual pada layar LED-nya.

Jika daya jam telah habis dan membutuhkan pengisian ulang, bola magnetik Story akan berhenti melayang. Apabila daya sudah kembali terisi penuh, bola tersebut sesaat kembali melayang ke posisi pukul 12 kemudian otomatis melakukan kalibrasi ulang dan kembali ke pengaturan terakhir.

Jam Story dari Flyte ini bisa dikonfigurasi dengan cara kuno. Namun, pihak pembuat mengatakan performanya juga didukung dengan aplikasi pendamping, dilansir dari laman Gizmodo.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA