Ahad 26 Feb 2017 19:52 WIB

10 Makanan Ini Bisa Mengontrol Tekanan Darah

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani
Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Foto: flickr
Semangka

5. Air Kelapa

Air kelapa mengandung potasium, sodium, kalsium, vitamin C, dan zat nutrisi lain yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan air kelapa memiliki kandungan potasium paling banyak dari sumber makanan lain. Itu sebabnya bagi para pengidap tekanan darah tinggi sangat disarankan mengonsumsi air kelapa secara teratur.

6. Semangka

Jus semangka mengandung banyak asam amino. Zat tersebut berfungsi menurunkan tekanan darah. Semangka juga menjadi makanan yang baik untuk mengurangi pembekuan darah, jantung, dan stroke. Tidak hanya daging buahnya, biji semangka juga memiliki fungsi baik terhadap darah. Studi dari Indian Agriculture Research Institute menyebutkan, biji semangka mengandung cucurnotrin dan glukosida. Dua zat tersebut bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membantu menetralkan tekanan darah.

7. Daun Ketumbar

Daun ketumbar memiliki berbagai jenis zat bioaktif, seperti anti mikroba, anti deflamasi, anti depresan, dan berpengaruh mengurangi rasa cemas. Bahkan daun ketumbar memiliki kandungan yang bisa menurunkan gula darah, kolesterol, serta tekanan darah. Secara alami, daun ketumbar juga memiliki efek diuretik di dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement