Saturday, 13 Rajab 1444 / 04 February 2023

Kota Mamuju Dikepung Banjir

Jumat 24 Feb 2017 22:38 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Banjir (ilustrasi).

Banjir (ilustrasi).

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Sebagian permukiman penduduk di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dikepung banjir akibat air laut pasang dan hujan beberapa jam, Jumat (24/2).

Banjir terparah terjadi di bilangan Jalan Cik Ditiro kompleks Pemda Mamuju. Puluhan rumah warga dan sejumlah rumah indekos di kawasan itu tergenang banjir setinggi 40 sentimeter.

Maman, salah seorang warga Kompleks Pemda mengatakan, kondisi itu disebabkan air laut pasang disertai hujan, ditambah pekerjaan tanggul drainase membuat saluran air tersumbat.

"Tinggi air banjir diperparah adanya pekerjaan tanggul drainase sehingga air langsung meluber masuk ke permukiman warga," tutur Maman.

Sementara warga lainnya, Bakri mengaku tidak menduga bencana banjir begitu cepat terjadi. "Saya tidak sangka-sangka juga ini, karena tidak biasa ada banjir sampai tinggi airnya 40-50 centimeter," katanya.

Akibatnya, semua barang dan perabotan rumah tangga Bakri terendam air. "Yah, mau bagaimana lagi namanya juga musibah," ungkapnya.

Warga hanya bisa pasrah sambil mengamankan barang berharga miliknya. Warga setempat berharap, instansi terkait dapat mencanangkan program pencegahan banjir, salah satunya dengan melakukan normalisasi sejumlah muara drainase pembuangan yang mulai mengalami pendangkalan, termasuk pengerukan gundukan sampah di sejumlah titik saluran pembuangan.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA