Jumat 24 Feb 2017 12:41 WIB

Peterseli Bukan Hanya Penghias Makanan

Rep: Muthia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Peterseli
Foto: Pixabay
Peterseli

REPUBLIKA.CO.ID, Peterseli sudah dikenal sejak dua ribu tahun lalu. Meski demikian, masih banyak orang menganggap daun ini tak lebih dari sekadar hiasan mempercantik tampilan makanan. Tahukah Anda? Peterseli mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, sehingga perlu untuk dikonsumsi, dilansir dari Womanitely, Jumat (24/2).

Kaya vitamin

Dua sendok makan peterseli segar menyediakan kalsium, zat besi, asam folat, vitamin A, K, dan C. Jika Anda teratur menambahkannya ke dalam masakan, Anda akan menikmati lebih banyak manfaat kesehatan.

Menyehatkan tulang

Vitamin K sangat diperlukan untuk kesehatan tulang. Tahukah Anda? Sepucuk peterseli menyediakan lebih dari 150 persen vitamin K harian.

Antioksidan dan imunitas

Anda akan mendapatkan banyak vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh dalam sekuntum peterseli. Tumbuhan bernama latin Petroselinum crispum ini mengandung betakaroten yang merupakan antioksidan dan mengusir radikal bebas yang memicu penuaan dini.

Meringankan nyeri sendi

Sifat antiinflamasi yang terkandung dalam peterseli menjadikan tumbuhan ini cocok dibuat ramuan untuk nyeri sendi. Anda yang menderita nyeri sendi perlu menambahkan peterseli ke dalam diet harian. Peterseli akan meringankan sakit pada sendi dan otot Anda.

Melancarkan pencernaan

Teh peterseli membuat pencernaan lebih baik. Jika Anda sembelit, tambahkan peterseli ke dalam makanan Anda.

Tinggi zat besi

Jika Anda menderita anemia, peterseli memberikan Anda lebih banyak zat besi. Tambahkan peterseli untuk semua hidangan dan dapatkan asupan zat besi yang diperlukan. Secangkir peterseli cincang mengandung 20 persen asupan zat besi harian yang disarankan.

Melawan kanker

Peterseli mengandung banyak agen pelawan kanker. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan senyawa antitumor ditemukan dalam peterseli. Plus, tumbuhan ini adalah sumber antioksidan yang menjaga sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa menjadikan peterseli beraneka menu, mulai dari disantap dengan cara dicincang, digabung dengan quinoa, atau menjadikannya smoothie. Campurkan peterseli dengan minyak zaitun, kale, atau bumbu favorit Anda, lalu panggang dalam oven untuk menjadi keripik peterseli.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement