Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wajah Wearable Device di Masa Depan

Jumat 24 Feb 2017 08:18 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Esthi Maharani

Facet. Konsep jam tangan pintar milik Nokia.

Facet. Konsep jam tangan pintar milik Nokia.

Foto: Mashable

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID.- Di masa depan, perangkat teknologi untuk mendukung aktivitas fisik tidak lagi melekat di tangan. Manusia akan merasakannya dalam bentuk 'lain', benda yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Laman Sports Illustrated mengabarkan, beberapa ahli teknologi meramalkan wearable device khusus olahraga akan perlahan menghilang. Munculnya wearable device berbentuk jam tangan akan menggantikan posisi perangkat. Tahun ini, jam tangan pintar memang semakin jenius karena memiliki fitur pendeteksi detak jantung hingga menghitung langkah. Fitur-fitur tersebut menyebabkan wearable sport seolah sia-sia untuk dibeli.

Namun dibalik kondisi tersebut, perangkat teknologi pendukung olahraga hadir dengan ragam bentuk baru. Wearable gadget akan tetap ada, dan data dari para pengguna perangkat akan terus meningkat. Peningkatan data seiring dengan teknologi mutakhir yang akan hadir dalam waktu beberapa tahun ke depan. Kehadiran Fitbits, jam tangan Apple, menjadi produk utama dalam acara wearable device dalam beberapa tahun. Namun beberapa tahun ke depan perangkat wearable tidak lagi demikian.

"Bila kita hadir ke salah satu acara maraton, mungkin ikat pinggang saya akan menjadi sport wearable bentuk baru," ujar Chief Economist of The Consumer Technology Association Shawn DuBravac. Benda penting yang selalu dipakai akan menjadi inspirasi perangkat wearable. Perangkat juga akan berbentuk benda yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Padahal benda-benda yang melekat di tubuh bisa diubah menjadi perangkat elektronik olahraga.

Seperti apa kira-kira bentuk perangkat olahraga di masa depan? Berikut beberapa gambaran yang terangkum dalam ulasan singkat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA