Ahad 19 Feb 2017 12:01 WIB

5 Makanan Sehat yang Justru Membuat Anda Cepat Gemuk

Rep: Rizkyan adiyudha/ Red: Esthi Maharani
Sushi
Foto: pixabay
Sushi

REPUBLIKA.CO.ID, Lemak agaknya menjadi musuh yang patut diwaspadai, terutama bagi wanita. Wanita biasanya tidak mau ada timbunan lemak yang terlalu banyak di dalam tubuh.

Makanan menjadi salah satu pengantar lemak yang relatif efektif. Kebanyakan pun mengubah pola makan dan mengganti makanannya dengan makanan sehat. Tapi, siapa sangka ada beberapa makanan yang dianggap sehat justru membuat tubuh semakin gemuk.

Dilansir laman Dailystar, Ahad (19/2), berikut lima makanan sehat yang justru membuat Anda cepat gemuk

1. Trail mixes

Merupakan camilan sehat campuran granola, buah kering, kacang atau coklat. Trail mixes kerap dilihat sebagai alternatif makanan lantaran menimpan kalori hingga 3000. Padahal asupan 40 gram buah kering dan kacang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan. Seed mix semisal biji bunga matahari dicampur kacang dan beberapa potong buah bisa menjadi altenatif kebutuhan.

2. Jus buah

Memang minuman satu ini sangat menyehatkan lantaran kaya akan vitamin dan mineral, juga gula. Namun konsumsi jenis ini ternyata juga mudah membuat Anda gemuk meskipun berasal dari buah asli. Buah yang sudah di jus kehilangan kandungan serat.

3. Brown Bread

Roti berwarna coklat nyatanya tidak lebih baik dari yang putih. Roti berwarna coklat ini sudah bercampur kimia dan pewarna dan tidak sepenuhnya terbuat dari gandum. Hal itu bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Cobalah roti gandum yang mengandung lebih banyak serat dan terkadang tambahan nutrisi.

4. Jagung manis

Riset terbaru menunjukan jagung manis meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Meingkatnya kadar glukosa akan menyulitkan Anda untuk menurunkan berat badan. Cobalah kacang polong atau sayuran. Baik yang segar ataupun beku, keduanya masih mengandung banyak protein. Terlebih, mengonsumsi makanan itu berpotensi membuat Anda terasa kenyang lebih lama.

5. Sushi

Ikan memang mengandung banyak omega 3 dan lemak acid yang bagus untuk tubuh. Namun mengonsumsi makanan laut ditambah nasi ternyata tidak baik bagi tubuh. Lebih baik Anda mengonsumsi ikan yang sudah di uap atau panggang. Cara mematangkan seperti ini tidak akan mengurangi kenikmatan masakan laut tanpa bumbu asin.

"Hanya karena sesuatu rendah kalori bukan berarti menjadi pilihan terbaik. Penting untuk memastikan Anda memiliki cukup protein dan serat saat hendak mengurangi berat badan," kata praktisi kesehatan Darren Beale.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement