Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Kurang Tidur Jadi Musuh Alami Kulit Wajah

Sabtu 18 Feb 2017 08:01 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.

Jangan pandang sepele bila Anda rutin kurang tidur. Dampaknya bisa berbahaya bagi tubuh.

Foto: pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda sering begadang? Demi mengerjakan tugas kantor atau tugas kuliah rela melek tengah malam bahkan sampai dini hari? Hati-hati, begadang bisa merusak kulit bahkan membuat terlihat lebih tua dari usia sebenarnya

Hal ini terbukti dari hasil riset yang dilakukan Pond's Institute. Hasil riset menunjukkan bagi para perempuan yang memiliki bayi atau balita atau memiliki segudang aktivitas yang sering menyebabkan mereka terjaga sepanjang malam, kemampuan regenerasi kulitnya berkurang hingga 10 persen.

"Dalam satu hari begadang, kulit wajah kehilangan 10 persen  kekuatannya menghadapi berbagai faktor eksternal penyebab penuaan dan membuat kulit wajah terlihat 2,5 tahun lebih tua. Semakin berkurang waktu tidur, semakin cepat pula proses penuaan kulit wajah terjadi," ujar Research and Development Manager PT Unilever Indonesia Tbk, Vivi Tri Andari dalam peluncuran Pond's Age Miracle dengan formula baru di Jakarta.

Vivi mengatakan jika kurang tidur karena dikejar tenggat waktu pekerjaan, kalau berkelanjutan bisa mempengaruhi kulit. Fakta yang ditemukan kalau semalaman tidak tidur maka pertahanan kulit menjadi lemah. "Kalau keterusan premature aging atau penuaan dini. Studi kita menyebutkan bisa dua setengah tahun lebih tua dari umurnya," ujarnya.

Selain begadang, ternyata  ketika perempuan sudah memiliki keluarga dan sering ke dapur untuk memasak juga memilik efek pada kulit. Paparan asap saat memasak dapat menyebabkan kerutan terlihat 5 sampai 8 persen lebih nyata.

Bukan hanya itu, ketika Anda sedang diet pun bisa mempengaruhi penuaan kulit wajah. Ketika cheating day, biasanya keinginan untuk makanan kurang sehat seperti fast food meningkat. Ternyata terlalu sering mengonsumsi fast food makanan kurang sehat dapat membuat kulit wajah tampak 1,8 tahun lebih tua.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA