Senin 19 Mar 2012 00:30 WIB

Thorpe Gagal ke Olimpiade

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Hafidz Muftisany
Perenang Australia, Ian Thorpe
Foto: AP
Perenang Australia, Ian Thorpe

REPUBLIKA.CO.ID, SIDNEY-- Perenang Australia, Ian Thorpe, tidak mampu mewujudkan mimpinya untuk berpartisipasi di Olimpiade 2012 London. Peraih lima medali emas Olimpiade ini gagal menembus babak kualifikasi.

Untuk ke London, Thorpe mengincar nomor 100 meter dan 200 meter gaya bebas. Namun, pemain berjuluk "Thorpedo" itu justru mengalami kegagalan di kedua pilihannya itu. Di babak kualifikasi nomor 100 meter, ia gagal mencapai posisi 16 besar untuk bisa melangkah ke semifinal. Dengan catatan waktu 50,35 detik, Thorpe hanya bisa menempati peringkat ke-21.

Hasil tak memuaskan juga diraih Thorpe di nomor 200 meter. Di babak semifinal, ia hanya bisa meraih posisi 12 besar. Sehingga perenang berusia 29 tahun itu tidak bisa memenuhi persyaratan untuk melangkah ke Olimpiade London. "Dibandingkan dengan pencapaian saya selama ini, bagaimana saya bersaing serta kesuksesan selama ini, hasil itu tentu saja menjadi malapetaka," katanya seperti dilansir BBC Sport, Ahad (18/3).

Performanya yang tidak maksimal membuat Thorpe gagal mewujudkan ambisinya untuk mengikuti Olimpiade ketiga dalam kariernya. Sebelumnya ia pernah menjadi bagian di Olimpiade Sidney 2000 dan berhasil merebut tiga medali emas. Kemudian empat tahun berikutnya di Athena, Thorpe kembali berhasil meraih dua medali emas. Kini, ia harus menunda harapannya untuk menuai prestasi kembali.

Thorpe memang gagal untuk mengikuti Olimpiade di London. Namun ia tidak menyesali keputusannya untuk kembali terjun ke dunia renang. Sebelumnya pada 2006 ia sempat memutuskan untuk pensiun dan baru kembali setahun yang lalu. Ia juga cukup senang dirinya bisa membuat keputusan mengikuti babak kualifikasi. "Saya tidak menyesal untuk mencobanya," kata dia.

Kegagalan menembus Olimpiade 2012 tidak membuat motivasi Thorpe mengendur. Bahkan ia sudah mengincar untuk mengikuti kompetisi bergengsi lainnya. Tahun depan, ia menargetkan Kejuaraan Dunia di Barcelona. Pada 2014, ia juga ingin mengikuti kejuaraan Commonwealth di Glasgow, Skotlandia. Ia juga masih menyimpan harapan untuk menembus Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brazil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement