Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Chris John Dijadwalkan Bertarung di Singapura

Kamis 14 Jul 2011 17:23 WIB

Red: Krisman Purwoko

Chris John

Chris John

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Pemegang gelar Super Champions kelas bulu WBA, Chris John, dijadwalkan menjalani pertarungan ke-15 kali di Singapura. Ketua Bidang Media dan Promosi Promotor Chris John, Fathan Rangkuti ketika dihubungi dari Semarang, Kamis, mengatakan kalau untuk tempatnya sudah pasti di Singapura, sedangkan untuk waktunya belum ada kepastian karena masih melakukan negosiasi dengan calon lawannya. "Rencana awalnya Chris John dijadwalkan naik ring pada Oktober mendatang tetapi itu semua belum final karena masih 30 persen tetapi kalau soal tempat sudah ada kepastian main di Singapura," katanya menegaskan.

Menurut dia, rencana awalnya adalah Chris John bertarung pada Oktober di Singapura, sedangkan petinju Kalimantan Barat, Daud "Cino" Yordan naik ring pada November di Las Vegas, Amerika Serikat. Sementara itu Chris John sendiri belum berencana menjalani latihan di Sasana Herry's Gym Perth, Australia, meskipun sudah ada sinyal positif untuk menghadapi pertarungan ke-15. "Sampai kini saya belum mendapat pemberitahuan dari Pelatih Craig Christian yang juga manajernya untuk menjalani latihan di Australia," katanya.

Menurut petinju dengan julukan The Dragon tersebut, dirinya sudah mendapat informasi dari Promotor Raja Sapta Oktohari soal pertarungan mendatang tetapi belum bisa dipublikasikan kepada masyarakat. "Soal siapa yang akan menjadi lawan saya, itu yang sedang dicarikan oleh Pak Okto (panggilan Raja Sapta Oktohari)," kata petinju yang sudah 14 kali mempertahankan gelarnya sejak merebutnya dari tangan petinju Panama, Oscar Leon di Bali, 2003.

Kemungkinan, kata petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut, untuk berlatih di Australia masih menunggu kalau sudah ada kepastian. Biasanya satu atau dua bulan sebelum menjalani latihan, ayah dua orang putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut selalu menjalani latihan di Sasana Herry's Gym Perth, Australia.

Kemudian satu atau dua minggu sebelum naik ring, latihan dilanjutkan ke tempat pertarungan sekaligus untuk menyesuaikan dengan kondisi cuaca di daerah tersebut. Chris John menjalani pertarungan terakhir pada 17 April 2011 saat menang dengan angka atas petinju Kalimantan Barat, Daud "Cino" Yordan (yang saat itu menempati penantang peringkat kelima kelas bulu WBA).

Suami mantan atlet wushu Jawa Tengah tersebut sudah 14 kali menjalani pertarungan untuk mempertahankan gelarnya. Dari jumlah tersebut, lima kali melalui tarung wajib atau "mandatory fight" dan sembilan kali melalui pertarungan pilihan. Lima kali tarung wajib yang telah dijalani Chris John adalah melawan Jose Cheo Rojas (Venezuela), Juan Manuel Marquez (Meksiko), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Roinet Caballero (Kolombia) dimainkan di Indonesia, dan terakhir Hiroyuki Enoki di Jepang, 24 Oktober 2008. Kemudian sembilan tarung pilihan tersebut dimainkan di Indonesia, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat (dua kali melawan petinju tuan rumah Rocky Juarez).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA