Selasa, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Selasa, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Promotor Tinju,Temuzin Rambing, Meninggal Dunia

Ahad 25 Jul 2010 18:03 WIB

Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tinju profesional Indonesia kehilangan tokoh mudanya setelah promotor Temuzin Rambing (30 tahun) meninggal dunia Sabtu (24/7). Berita duka ini disampaikan  Ketua Umum Komisi Tinju Indonesia (KTI), Anthon Sihombing, di Jakarta, Ahad dinihari (25/7).

Temuzin meninggal dunia pukul 16.15 WIB di Rumah Sakit dokter Karyadi Semarang yang disebut ayah almarhum yang juga tokoh tinju nasional, Sutan Rambing, sebagai sangat mengejutkan..

"Temuzin memang sakit sebulan terakhir ini, namun tidak diketahui apa penyakitnya. Hasil pemeriksaan dokter tidak menunjukkan adanya kelainan pada tubuhnya. Semuanya baik-baik saja," tutur Sutan.

Jenazah Temuzin akan dimakamkan di Semarang, Ahad siang. Temuzin meninggalkan seorang istri dan seorang anak yang baru berusia 4 tahun.

Sebelum menjadi promotor, Temuzin sempat menggeluti tinju amatir dan memperkuat tim Indonesia ke beberapa kejuaraan internasional.

Setelah itu, Temuzin meniti karier sebagai wasit tinju profesional, lalu menjadi promotor dan sempat menggelar sejumlah pertarungan internasional, diantaranya petinju yang diorbitkannya Roy Mukhlis.

Di kalangan komunitas tinju profesional, Temuzin dikenal sebagai pribadi yang terbuka dan egaliter. Penampilannya selalu rapi dan necis sehingga tidak mengesankannya sebagai mantan petinju atau orang yang menggeluti olahraga keras.

"Saya sempat tidak percaya ketika menerima SMS bahwa Temuzin meninggal dunia. Saya sempat berpikir beberapa saat apakah ini benar atau tidak. Dia orang yang baik, sopan, dan ramah kepada siapa pun," jelas Jufrison Pontoh, mantan petinju era 1990-an.

Mantan Ketua Bidang Perwasitan KTI, Elbert Hutagalung, mengenang sosok Temuzin sebagai wasit yang pintar. "Saya pernah mengujinya dalam ujian sebagai wasit. Dari sepuluh orang yang ikut tes, dia lulus terbaik teori maupun praktik," tegasnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES