Jumat 11 Aug 2017 20:35 WIB

Peminat Balap Sepeda Induro Meningkat di Seri Empat Bogor

Konferensi pers Induro.
Foto: Istimewa
Konferensi pers Induro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Setelah melewati tiga seri dengan lancar, Komunitas Indonesian Enduro (INDURO) akan kembali menggelar seri keempat lomba sepeda gunung di KTH Bike Park, Puncak, Bogor pada 26-27 Agustus 2017.

Direktur Induro AT Wiryawan di Jakarta, Jumat, mengatakan pada seri keempat kejuaraan ini, pihak penyelenggara menargetkan 550 peserta dari semua kategori yang dilombakan. Hanya saja, hingga saat ini jumlah peserta yang terdaftar mencapai 570 peserta. Sebelumnya, jumlah peserta berkisar dari 200-400 peserta.

"Animo masyarakat memang luar biasa. Mereka semua kami tampung. Tidak hanya pebalap elite, komunitas juga banyak yang terlibat. Tidak ketinggalan peserta dari luar negeri. Ada 21 peserta asing yang sudah memastikan diri bergabung," tuturnya.

"Mayoritas memang masih didominasi peserta lokal, tetapi ada sejumlah peserta dari luar negeri seperti dari Malaysia dan Singapura," imbuh Ibnu Rusdian Komisaris Indonesia Enduro.

Pada perlombaan yang merupakan gabungan dari disiplin sepeda gunung dan down hill ini ada delapan kelas yang siapkan yaitu man elite, man open, man junior, man master A, man master B, man master C, women elite dan women open. Adapun hadiah yang diperebutkan total Rp 200 juta.

AT Wiryawan menjelaskan untuk format perlombaan pihaknya mengacu pada standarisasi Enduro World Series sehingga peserta yang akan turun pada perlombaan akan mendapatkan poin dari setiap seri yang diikutinya. Puncaknya, Induro 2017 ini akan berakhir di Bali Bike Park, Bali, 21-22 Oktober.

"Penghitungan poin sesuai dengan standar yang kami buat. Poin ini berdasarkan catatan waktu masing-masing peserta. Untuk penghitungan waktu sendiri kami telah memiliki sistem yang tingkat akurasinya sangat tinggi. Untuk peraih poin tertinggi akan dikirim ke salah satu seri Enduro Asia," kata dia menambahkan.

Terkait dengan lintasan, AT Wiryawan mengatakan pihaknya telah menyiapkan hal yang terbaik. Enduro peserta bakal diuji karena lintasan yang dibangun banyak tantangannya mulai dari turunan tajam yang disambung dengan tanjakan yang membutuhkan banyak tenaga.

Ada perbedaan kondisi trek di seri keempat dibanding tiga edisi sebelumnya. Pada seri keempat ini akan sedikit ekstrim karena tanjakannya akan lebih tinggi dan tidak ada bantuan mobil pick-up. Semua peserta akan menggowes sepedanya sendiri. 

"Lihat saja nanti. Kami optimistis peserta akan menyukai lintasan untuk seri keempat ini. Semua juga sudah mengetahui jika turun di Induro harus benar-benar siap secara fisik maupun mental," kata AT Wiryawan.

Perlombaan ini, kata dia, selain untuk memfasilitasi pecinta sepeda gunung di Indonesia, kejuaraan ini juga diharapkan mampu menghasilnya bibit-bibit atlet nasional. Adalagi ada dua disiplin yang ada didalam Enduro yaitu sepeda gunung (cross country) dan down hill.

Sebelum digelar di KTH Bike Park Puncak, Bogor, Induro 2017 sudah digelar di Wayang Windu Bike Park, Bandung. Seri kedua di Klangon Gravity Park Yogjakarta dan Pamitra Bike Park, Jawa Timur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement