Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Bradley Wiggins Juarai Tour de France 2012

Senin 23 Jul 2012 07:47 WIB

Red: Didi Purwadi

Bradley Wiggins

Bradley Wiggins

Foto: Reuters/Charles Platiau

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Bradley Wiggins menjadi pebalap sepeda Inggris Raya pertama yang menjuarai Tour de France saat dia memenangi balap sepeda terbesar edisi ke-99 itu pada Ahad. Wiggins mencapai finis di posisi aman bersama kelompok besar pebalap pada etape ke-20 yang juga etape terakhir dengan jarak tempuh 120 km dari Rambouillet.

Etape terakhir itu dimenangi oleh rekan setim dan senegaranya Mark Cavendish. Dalam klasemen keseluruhan, Wiggins mengungguli rekan setim Sky and rekan senegaranya Chris Froome dengan tiga menit 21 detik. Dia mengungguli pebalap Italia Vincenzo Nibali dengan 6:19.

Pebalap Australia Cadel Evans, yang memulai balapan tiga pekan itu sebagai juara bertahan, menempati posisi ketujuh dalam klasemen. Dia dikalahkan oleh rekan setim BMC dia Tejay van Garderen. Pebalap AS itu meraih posisi kelima dan kaos putih sebagai pebalap terbaik U-25.

Pebalap Prancis Thomas Voeckler merebut kaus polka dot sebagai pebalap tanjakan terbaik. Pebalap Slowakia Peter Sagan merebut kaos hijau sebagai pengumpul poin sprint terbanyak.

Tim RadioShack-Nissan memenangi klasifikasi tim. Pebalap Denmark Chris Anker Sorensen terpilih sebagai pebalap paling agresif.

sumber : Antara/Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA