Senin 29 Apr 2013 22:49 WIB

Gita: Semifinal, Target Realistis Piala Sudirman

Prestasi tim bulu tangkis Indonesia merosot. Tim Sudirman Indonesia terakhir kali meraih piala pada 1989
Prestasi tim bulu tangkis Indonesia merosot. Tim Sudirman Indonesia terakhir kali meraih piala pada 1989

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Target paling masuk akal pada tournament Piala Sudirman adalah mencapai babak semifinal. Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Gita Wirjawan. "Kalau di Piala Sudirman, masuk semifinal saja sudah bagus. Itu target yang realistis," kata Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Gita Wirjawan.  

Pandangannya diungkapkan di sela-sela Pertandingan Bulu Tangkis Persahabatan DPR RI-PBSI-Kemendag di lapangan bulu tangkis Gedung DPR, Jakarta, Senin (29/4).

Pertandingan yang digelar pada 19-26 Mei di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala lumpur, Malaysia, Tim Piala Sudirman Indonesia masuk dalam "grup neraka". Indonesia bergabung dengan India dan juara bertahan Cina.

Melihat ini, Gita menilai persaingan merebut gelar juara cukup berat bagi Indonesia. Sebelumnya, Gita menjadikan Piala Sudirman sebagai salah satu target utama dari PBSI selain All England, Kejuaraan Dunia, dan SEA Games.

Sejak juara pada perhelatan pertama Piala Sudirman tahun 1989, Indonesia tidak pernah lagi berhasil merebut gelar kejuaraan dunia beregu campuran itu. Pada 2011, tim Indonesia hanya mampu mencapai babak semifinal.

"Dengan kenyataan yang ada, kekuatan yang merata, maka target tidak terlalu muluk. Target yang realistis semifinal,"ujian  Gita yang juga menjabat Menteri Perdagangan itu. Meskipun begitu, Gita menekankan persiapan yang telah dirancang menjelang turnamen termasuk peningkatan durasi  serta pemberian motivasi kepada tim setiap pekan. 
 
Program itu, menurut dia tidak hanya untuk turnamen nanti tetapi juga untuk bertahun-tahun kedepan."Dari program-program itu, kita lihat nanti hasilnya 3-4 tahun kedepan. Yang penting ke depannya," tutur Gita.

Tim inti Piala Sudirman, akan diumumkan pada tanggal 6 Mei mendatang tepat saat penyerahan nama-nama pemain dengan total pemain 20 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement