Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Gita Wirjawan Ingin PBSI Lahirkan Superstar

Jumat 26 Oct 2012 04:30 WIB

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Yudha Manggala P Putra

Gita Wirjawan

Gita Wirjawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2012-2016, Gita Wirjawan mengaku sudah menyiapkan sejumlah strategi dan perencanaan untuk mengembalikan kejayaan bulu tangkis Merah Putih.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan ini juga berniat menciptakan sistem yang dapat melahirkan superstar bulutangkis.

"Saya tidak hanya ingin menciptakan superstar tetapi juga menciptakan sistem yang melahirkan superstar. Tahun 2013 mudah-mudahan akan menjadi fondasi yang kuat," kata Gita kepada wartawan dalam sesi makan malam di Jakarta, Kamis (25/10) malam. 

Bersama kepengurusan baru PBSI, Gita mengaku sudah menyiapkan sejumlah strategi dan perencanaan bulutangkis Indonesia empat tahun ke depan. Agar bisa mengembalikan kejayaan bulutangkis Merah Putih dalam dua atau tiga tahun ke depan, ia menyadari perlunya kerja keras. 

Dengan dukungan kepengurusan baru yang solid, Gita meyakini impian untuk membangkitkan prestasi bulutangkis Indonesia dapat terwujud. Untuk itu, ia memulai dengan memperbaiki manajemen kepengurusan di PBSI. 

Pemilik Yayasan Ancora ini menyederhanakan struktur di bawah kepimpinannya ke dalam empat kotak, yakni tim pengembangan dan pembinaan, keuangan, sponsor atau pencarian dana, serta pembinaan prestasi.

Menurut Gita, kepengurusan periode sebelumnya terlalu banyak kotak-kotak di bawah ketua umum. Jadi, ia hanya ingin ada empat kotak saja. Jika strategi dan perencanaan yang disusunnya itu disetujui, Gita mengatakan awal Januari 2013 siap tempur di PBSI. 

Terlepas dari strategi dan perencanaan yang disusunnya tersebut, Gita tidak menampik bahwa bisa saja terjadi kegagalan. Namun, ia mengatakan hal itu lumrah dan resiko dirinya yang telah mengiyakan menjadi ketua umum PBSI. 

"Tapi itu justru akan semakin memacu kita untuk meningkatkan prestasi. Karena saya lihat probabilitas kegagalan dari tim yang solid ini kecil, tinggal kita mengawalnya dengan benar. Mudah-mudahan bisa mencapai keberhasilan yang direncanakan dalam dua atau tiga tahun kedepan. Asal kita usaha dengan keras," papar Gita.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA