Ahad 12 Jun 2011 05:30 WIB

Dua Ganda Indonesia ke Final Thailand Open

Rep: Ratna Puspita/ Red: Didi Purwadi
Nova Widianto (kanan) dan Vita Marisa
Foto: raketmania.blogspot.com
Nova Widianto (kanan) dan Vita Marisa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Indonesia berpeluang meraih dua gelar dari Thailand Open Grand Prix Gold 2011. Ganda putra, Alvent Yulianto Chandra/Hendra Aprida Gunawan, dan pasangan campuran, Nova Widianto/Vita Marissa, melaju ke final turnamen berhadiah 120 ribu dolar AS itu.

Nova/Vita menjadi wakil Indonesia pertama yang memastikan tiket final. Unggulan delapan ini bertarung selama lebih dari dua jam mengalahkan pasangan Korea Selatan, Shin Baek Choel/Kim Min Jung, 21-17 20-22 dan 21-18.

Nova mengatakan, tidak mengalami kesulitan menghadapi Shin/Kim pada game pertama meski belum pernah berhadapan sebelumnya. “Kita sudah hapal permainan pasangan Korea Selatan yang mengandalkan kekuatan,” ujar dia.

Sayangnya, Nova/Vita mengendur dan kerap membuat kesalahan pada game kedua. Kondisi ini dimanfaatkan oleh pasangan Korea Selatan untuk mencuri poin. Pada game ketiga, stamina kedua pasangan sudah menurun.

Vita mengatakan, dirinya dan Nova menurunkan tempo permainan. Strategi ini berhasil. “Kita sudah sama-sama kelelahan. Jadi, kami buat agak lambat saja permainannya. Itu yang membuat mereka jadi kerap salah,” kata Vita.

Sementara itu, Alvent/Hendra tampil perkasa ketika mengandaskan unggulan dua asal Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong, straight game 21-14 21-17. Kemenangan ini menjadi pembalasan atas kekalahan di final Macau tahun lalu.

Di final, Alvent/Hendra harus bekerja keras untuk mengalahkan pasangan Korea Selatan lainnya, Jung Jae Sung/Lee Yong Dae. Unggulan pertama itu tidak menemui kesulitan ketika mempecundangi pasangan Amerika Serikat, Howard Bach/Tony Gunawan, 21-18 dan 21-11.

Hasil ini sekaligus membuat China gagal meraih gelar dari nomor ganda putra dan campuran. Tapi, China memastikan membawa pulang dua gelar dari Thailand melalui sektor putri.

Skuat asuhan Li Yongboo membuat all Chinese Final pada nomor tunggal dan ganda putri. Tunggal putri peringkat enam dunia, Jiang Yanjiao, akan menghadapi unggulan ketujuh, Li Xuerui. Jiang melaju ke final setelah mengandaskan harapan tuan rumah, Porntip Buranaprasertsuk, 21-17 17-21 21-13. Sedangkan Li mengalahkan Cheng Shao Chieh, 10-21 21-12 21-14.

Di nomor ganda, Cheng Shu/Yixin Bao akan meladeni Tian Qing/Zhao Yunlei. Pada duel semifinal, Cheng/Shu, unggulan tujuh, mengalahkan Vivian Kah Mun Hoo/Khe Wei Woon dari Malaysia, 21-17 21-14. Sementara Tian/Zhao mengalahkan pasangan Hongkong, Poon Lok Yan/Tse Ying Suet, 21-23 21-12 21-15.

Cina juga berpeluang menambah satu gelar lagi setelah tunggal putra, Chen Long, mengalahkan Park Sung Hwan dari Korea Selatan, 21-15 21-13. Unggulan teratas itu akan menghadapi Lee Hyun Il yang sukses mengandaskan Chen Jin dari Cina, 18-21 21-18 22-20.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement