Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Tantowi/Liliyana Persembahkan Gelar Super Series Pertama Tahun Ini

Ahad 01 Mei 2011 18:46 WIB

Rep: Ratna Puspita/ Red: Stevy Maradona

Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir

Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir

Foto: sports-world.info

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir menjuarai  India Terbuka 2011 sekaligus mempersembahkan gelar Super Series pertama untuk Indonesia tahun ini. Pasangan campuran andalan Pelatnas Cipayung itu mengalahkan rekannya, Fran Kurniawan Teng/Pia Zebadiah Bernadeth, 21-18 23-21, di Stadion Siri Fort Indoor, New Delhi, Ahad (1/5).

Pelatih ganda campuran Pelatnas Cipayung, Richard Mainaky, mengatakan, sangat bangga kedua pasangan yang dididiknya berhasil melaju hingga partai puncak. Ia mengatakan, Tantowi/Liliyana dan Fran/Pia berhasil menunjukan permainan yang menjanjikan. "Mereka sudah tampil sesuai dengan pola yang diterapkan di latihan," kata dia, Ahad (1/5).

Duel antara wakil Indonesia tersebut berlangsung dengan ketat dan seimbang. Namun, Tantowi/Liliyana memaksimalkan keunggulan di sisi smes untuk mengamankan game pertama. Memasuki game kedua, Tantowi/Liliyana sepertinya akan mudah untuk menyelesaikan pertandingan.

Pasangan yang diduetkan pada September silam ini berhasil unggul 20-17. Tertinggal di angka kritis, Fran/Pia justru menunjukan ketenangan untuk berbalik unggul 21-20. Namun, Tantowi/Liliyana memeragakan permainan reli untuk mengacaukan pertahanan Fran/Pia. Strategi ini berhasil mendaratkan gelar Super Series pertama bagi pasangan peringkat 15 dunia ini.

Liliyana sebelumnya pernah menjadi rangking satu dunia ketika masih berpasangan dengan Nova Widianto. Keduanya sukses meraih dua gelar juara dunia dan perak Olimpiade 2008 di Beijing. Namun, Liliyana dan Nova harus berpisah setelah gagal merengkuh juara dunia tahun lalu dan Nova pensiun sebagai atlet Pelatnas.

Gelar India Super Series menjadi titel ketiga Tantowi/Liliyana. Tahun lalu, pasangan ini meraih gelar Makau Terbuka dan Indonesia Terbuka Grand Prix Gold. Tantowi/Liliyana dinilai paling berpeluang untuk menembus dominasi Cina dan diharapkan dapat meraih hasil terbaik pada Olimpiade 2012 di London.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA