Kamis, 9 Safar 1440 / 18 Oktober 2018

Kamis, 9 Safar 1440 / 18 Oktober 2018

Ganda Putra Indonesia Juara Bulu Tangkis Junior Asia

Senin 20 Jul 2009 07:39 WIB

Red:

KUALA LUMPUR--Angga Pratama/Rendy Sugiarto mampu menghapus rasa malu Indonesia. Pasangan ganda putra itu berhasil membawa pulang satu gelar dari Kejuaraan Bulu Tangkis Asia di bawah usia 19 tahun (U-19) yang berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia, 12-19 Juli, dengan memenangi final ganda  putra.

Angga Pratama/Rendy Sugiarto yang menjadi satu-satunya finalis asal Indonesia berhasil menundukkan unggulan pertama asal Malaysia, Yew Hong Kheng/Ow Yao Han, 21-16, 21-16 pada final, Minggu. Pelatih ganda pelatnas pratama, Namrih Suroto, yang mendampingi pemain bertanding di Malaysia mengatakan, bermain tenang dan tidak langsung melancarkan serangan adalah kunci kemenangan Angga/Rendy.

"Kalau langsung mau main cepat (pemain) kita repot. Jadi tadi main penempatan dulu baru dipercepat (temponya)," kata Namrih.

Tim Indonesia tidak hanya tampil pada perorangan melainkan juga bertanding pada nomor beregu campuran yang digelar sebelum nomor perorangan dilaksanakan. Pada nomor beregu Indonesia dihentikan unggulan pertama China 0-3 pada babak perempat final.

Soal penampilan secara keseluruhan, tim junior yang sebagian besar diperkuat pemain pelatnas pratama yang sedang menjalani latihan di Akademi Militer di Magelang itu, Namrih mengatakan, secara umum cukup baik. "Tetapi memang masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita kerjakan. Antara lain power dan kematangan teknik bermain. Kalau fisik mereka (pemain indonesia) sudah cukup bagus," katanya.

Cina kembali merajai kejuaraan. Gelar lainnya mereka sapu bersih. Pasangan Lu Kai/Bao Yixin mengalahkan rekan senegaranya Liu Peixian/Xia Huan 21-15, 21-19 untuk meraih mahkota juara ganda campuran sekaligus gelar pertama bagi Cina.

Gelar kedua bagi Cina diraih tunggal putri Chen Xiaojia yang menundukkan pemain Taiwan, Tai Tsu Ying, 21-13, 21-13. Diikuti ganda putri Xia Huan/Tang Jinhua yang mengungguli pasangan Cina lainnya Luo Ying/Luo Yu 14-21, 21-17, 21-13.

Perebutan gelar tunggal putra juga dimenangi pemain Cina. Tian Houwei menundukkan pemain tuan rumah Malaysia unggulan pertama, Iskandar Zulkarnain Zainudin, 21-11, 21. ant/rif

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA