Kamis 28 Dec 2017 14:00 WIB

Kisah Zarco Mencatat Sejarah di Le Mans

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Endro Yuwanto
Johann Zarco
Foto: AP Photo/Eric Gay
Johann Zarco

REPUBLIKA.CO.ID, LE MANS -- Rookie MotoGP 2017, Johann Zarco mencatat sejarah di Sirkuit Le Mans tahun ini. Dia berhasil finis kedua di seri kelima balapan kelas primer tersebut dan membuat seluruh penggemarnya bangga.

Pembalap Tech-3 Yamaha ini membawa beban berat di pundaknya sebagai seorang warga negara Prancis yang balapan di rumah sendiri. Dia berhasil menginjak podium kedua setelah Valentino Rossi terjatuh. Le Mans pun menjadi podium pertama pembalap asal Cannes itu.

Zarco kembali menginjak podium juara di Malaysia dan Valencia. Namun, keberhasilannya di Le Mans tetap tak terlupakan. Berikut catatan balap pembalap Prancis di Le Mans, dilansir dari Speedweek, Kamis (28/12).

- Pertama, Zarco keluar sebagai Rookie of The Year terbaik dan secara keseluruhan berada di posisi keenam klasemen setelah Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Dani Pedrosa, dan Valentino Rossi. Prestasi ini juga menjadikannya pembalap satelit terbaik tahun ini.

- Kedua, Zarco adalah orang Prancis pertama yang meraih podium MotoGP sejak 2009. Saat itu Randy De Puniet finis ketiga di GP Donnington, Inggris.

- Ketiga, Zarco adalah orang Prancis pertama yang mencetak 35 angka di empat balapan pertama. Randy De Puniet mencatat 36 angka pada 2010 di empat balapan pertama.

- Keempat, Zarco dan Loris Baz mencetak 47 angka di sirkuit negara sendiri hanya dalam empat balapan. Ini merupakan capaian tertinggi sejak 2012 oleh pembalap Prancis di kelas MotoGP.

- Kelima, tiga pembalap Prancis terakhir kali berkompetisi di kelas utama di Le Mans pada 2002. Saat itu Regis Laconi, Jean-Michel Bayle dan Oliver Jacque saliing berkompetisi meraih podium.

- Keenam, lima orang Prancis pernah memenangkan GP Le Mans. Dia adalah Jean Aureal (1969) di kelas 125cc, Guy Bertin (1979) di kelas 125cc, Patrick Fernandez (1979) di kelas 350cc, Mike de Meglio (2008) di kelas 125cc, dan Louis Rossi (2012) di Moto3.

- Ketujuh, hasil terbaik sampai 2017 oleh pembalap Prancis adalah berada di posisi keempat klasemen akhir. Dia adalah Oliver Jacque pada 2003. Sekarang, Zarco berada di posisi kedua pembalap Prancis terbaik di MotoGP sejauh ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement