Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Sunday, 8 Rabiul Awwal 1442 / 25 October 2020

Max Biaggi Mundur dari Balap Motor

Kamis 08 Nov 2012 04:16 WIB

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pebalap sepeda motor asal Italia Max Biaggi mengumumkan pengunduran dirinya pada Rabu.

Biaggi, mantan juara dunia di kategori 250 cc tampil sebagai juara kedua pada kategori 250 cc dan MotoGP sebelum kemudian mengalihkan bakatnya ke seri Superbike Dunia, lapor AFP.

Pebalap Italia ini menulis pesan di akun Twitternya pada Rabu pagi yang berbunyi, "Hari ini adalah hari yang baru untuk saya... Beberapa hal tidak akan pernah sama."

Belakangan ia berkata kepada para pewarta, "Saya mengundurkan diri secara resmi."

Biaggi (41), terakhir kali berkompetisi di balap sepeda motor paling elit di dunia, MotoGP, pada 2005 ketika ia mengakhiri musim dengan menduduki peringkat kelima untuk timnya Honda.

Karir terbaiknya di MotoGP adalah menduduki peringkat kedua di bawah pebalap senegaranya Valentino Rossi, pada 2002.

Setelah 2005, Biaggi kehilangan posisinya di Honda yang diambil alih oleh juara dunia kelas 250 cc Dani Pedrosa. Pebalap Italia itu sempat bernegosiasi dengan Honda, Kawasaki, dan Suzuki, namun ia tidak mampu menjalin kesepakatan dengan tim-tim tersebut.

Ia meninggalkan MotoGP untuk memfokuskan perhatiannya pada Superbike, menduduki peringkat ketiga saat membela Suzuki pada 2007 sebelum memenangi kejuaraan ini untuk pertama kalinya dengan Aprilia pada 2010.

Biaggi memuncaki klasemen Superbike untuk kedua kalinya di Magni-Cours di Prancis pada bilan lalu, di mana ia mengklaim gelar itu berkat keunggulan setengah poin atas pebalap Inggris Tom Skyes.

Pria Italia ini berkata dirinya ingin pensiun sebagai seorang pemenang. "Ini merupakan keputusan tersulit yang pernah saya buat," ucapnya kepada para pewarta. "Namun saya ingin para penggemar mengingat saya sebagai seorang juara."

Biaggi, yang mulai membalap pada usia yang relatif telat yakni 17 tahun, menambahkan, "Secara pribadi saya sangat nyaman dengan apa yang telah saya capai sepanjang karirku. Saya memiliki saat-saat naik dan turun, namun hasratku untuk olahraga ini tidak pernah berkurang. Saya selalu memberikan segalanya."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA