Ahad 23 Oct 2016 18:20 WIB

Cal Crutchlow Juara di Philip Island, Rossi Runner-up

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow (tengah) diapit oleh Valentino Rossi (kiri) dan Maverick Vinales di atas podium sirkuit Philip Island, Australia, Ahad (23/10). Rossi meraih podium kedua sementara Vinales finis ketiga.
Foto: EPA/Tracey Nearmy
Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow (tengah) diapit oleh Valentino Rossi (kiri) dan Maverick Vinales di atas podium sirkuit Philip Island, Australia, Ahad (23/10). Rossi meraih podium kedua sementara Vinales finis ketiga.

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA – Tergelincirnya pembalap Honda, Marc Marquez pada lap sembilan tidak disia-siakan oleh Cal Crutchlow yang akhirnya mampu merebut podium pertama di sirkuit Philip Island, Australia, Ahad (23/10). Pembalap tim LCR Honda itu finis dengan catatan waktu 40 menit 48, 543 detik atau unggul 4,218 detik dari Valentino Rossi yang finis sebagai runner up

Berkat kemenangan tersebut, pria asal Inggris naik ke peringkat enam klasemen MotoGP musim 2016/2017 dengan mengantongi 141 angka. Sementara, The Doctor yang finis kedua di Philip Island mendapat tambahan 20 angka. Podium ketiga diraih pembalap Suzuki, Maverick Vinales.

Rossi masih kokoh di peringkat kedua klasemen MotoGP dengan raihan 216 angka. Rider asal Italia tersebut unggul 16 angka dari rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Lorenzo bisa dibilang gagal total di balapan kali ini. Memulai balapan dari urutan start ke-12, pembalap asal Spanyol itu hanya mampu mengakhiri balapan di urutan keenam dengan koleksi 10 angka.

Dalam wawancara seusai balapan, Rossi mengatakan, dirinya saat ini hanya ingin fokus di dua seri terakhir. “Saat ini saya hanya mencoba berkonsentrasi di dua balapan tersisa, dan saya mencoba untuk tidak melakukan kesalahan seperti di Motegi (Jepang),” kata Rossi, dilansir Motosport

Menyelesaikan balapan di posisi keenam membuat Lorenzo kecewa. Alasannya, jarak perolehan angka dengan Rossi pun kian melebar. “Saya tidak bisa mengambil kesempatan di balapan kali ini. Kini kami harus saling bersaing untuk posisi kedua di kejuaran dunia yang menyisakan dua seri lagi,” kata Lorenzo.

Berikut klasemen MotoGP hingga seri ke-16 di Philip Island, Australia, Ahad (23/10) :

1. Marc Marquez - 273 angka

2. Valentino Rossi - 216 angka

3. Jorge Lorenzo - 192 angka

4. Maverick Vinales - 181 angka

5. Dani Pedrosa - 155 angka

6. Cal Crutchlow - 141 angka

7. Andrea Dovizioso - 137 angka

8. Pol Espargaro - 117 angka

9. Andrea Iannone - 96 angka

10. Hector Barbera - 84 angka

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement