Senin 08 Oct 2012 02:32 WIB

Sebastian Loeb Juara Rally Paris Sembilan Kali

  Pembalap Sebastien Loeb dari Prancis (kanan) bersama co-driver Daniel Elena dari Monaco (kiri) di podium saat merayakan kemenangannya dalam Rally de France di Strasbourg, Perancis, Ahad (7/10).
Foto: Laurent Cipriani/AP
Pembalap Sebastien Loeb dari Prancis (kanan) bersama co-driver Daniel Elena dari Monaco (kiri) di podium saat merayakan kemenangannya dalam Rally de France di Strasbourg, Perancis, Ahad (7/10).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sebastien Loeb memastikan dirinya meraih gelar juara dunia reli untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut, dengan masih menyisakan dua agenda balap tersisa pada musim ini, Minggu.

Pereli legendaris Prancis itu mengunci gelar terakhirnya dengan kemenangan di Reli Prancis, yang membuat dirinya tidak terkejar di klasemen keseluruhan.

Terdapat kegembiraan ganda bagi timnya, Citroen, yang memastikan diri meraih gelar konstruktor untuk kedelapan kalinya.

Kemenangan Loeb di kandangnya sendiri, Haguenau di Alsace, mendorong dirinya mengumpulkan total 244 poin di klasemen pereli, sedangkan rekan setimnya, Mikko Hirvonen, yang finis di urutan ketiga, hanya mengumpulkan 173 poin dan kehilangan peluang untuk merebut gelar juara, meski Reli Italia dan Reli Spanyol masih belum dilangsungkan.

Presiden Prancis, Francois Hollande, ikut memberi selamat pada Loeb. "Pebalap Alastia itu melakukan balapan yang sempurna di Reli Prancis, di depan masyarakat yang datang untuk merayakan putra daerah mereka," kata Hollande dalam pernyataannya.

"Mobil ini merupakan kredit bagi industri otomotif Prancis. Sembilan gelar! ya, kami telah melakukannya, ini merupakan hal yang besar," kata Loeb.

"Saya juara nonuple (sebanyak sembilan kali)...nonuple (sembilan kali), saya bahkan tidak tahu kata itu, saya sekarang akan harus mempelajarinya," kata Loeb, yang berencana untuk hanya bertanding di empat atau lima ajang reli pada musim depan, karena ia telah menggeser fokusnya ke Kejuaraan Mobil Touring Dunia.

"Saya terhanyut oleh para penggemar pada empat hari terakhir, saya benar-benar berterima kasih pada mereka, terdapat orang-orang yang di sepanjang rute mengibarkan bendera, teman-temanku berlinang air mata, saya nyaris saja remuk."

Loeb memiliki keunggulan 15,5 detik atas pereli urutan kedua, Jari-Matti Latvala yang mengendarai Ford Focus, sedangkan Hirvonen berselisih 44 detik di urutan ketiga.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement