Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

GP F1 Amerika 2013 Terancam Batal?

Rabu 26 Sep 2012 08:14 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Bernie Ecclestone

Bernie Ecclestone

Foto: AP PHOTO

REPUBLIKA.CO.ID, Selama bertahun-tahun, Presiden Formula 1, Bernei Eccleston mengejar ambisi Grand Prix di Amerika, tepatnya Grand Prix New York. Akhirnya, meski meleset beberapa kilometer, kalender musim balap 2013 bakal menyelipkan Grand Prix New Jersey di daratan Amerika.

Mimpi Bernie terwujud dan begitu pula mimpi para fans ajang kebut-kebutan paling tersohor di dunia itu. Sayangnya, orang sekuat Ecclestone pun tak selalu mendapat apa yang ia inginkan. Terlepas dari kerja keras PR New Jersey untuk mendorong tim F1 andalannya, Red Bull Racing selama musim panas, Grand Prix Amerika 2013 memiliki lubang dalam kontrak.

Pekan lalu, penentuan kalender 2013 sudah menunjuk New Jersey untuk balapan pada Juni. Kini Eccleston dilaporkan menyatakan kepada Guardian bahwa penyelenggara Grand Prix Amerika 'tidak sejalan dengan kondisi dan ketentuan kontrak yang kini menguap."

Memang tak berarti GP New Jersey sepenuhnya masuk kotak sampah, mungkin lebih tepat sedang tergulung di bawah karpet. Ecclestone mengakui penyelenggara di Weehawken, NJ, masih harus memenuhi banyak persyaratan untuk menghadirkan sirkuit layak Formula 1. Artinya, Bernie Ecclestone harus menarik kompetisi balap di Amerika Serikat hingga dana yang dibutuhkan sesuai kriteria.

Kendala serupa juga dijumpai di penyelenggara GP Austin, Texas. Berdasar laporan yang masuk dan dikonfirmasi imotortimes.com, Selasa (25/9) nomor balap di Texas dihentikan sepenuhnya, namun darah baru dan uang baru disuntikkan pada menit-menit terakhir demi memastikan proyek bisa jalan terus.

Jika GP New Jersey atau New York menghadapi tantangan serupa, banyak yang masih optimistis ada investor kaya akan masuk dan turun tangan dalam salah satu industri olahraga otomotif bergengsi itu. Sementara, FIA World Motor Sport Council akan melakukan pertemuan pada Jumat pekan ini untuk menentukan jadwal pasti musim balap Formula 1 tahun 2013. Bagi fans di Amerika, berharaplah mereka menentukan kapan tanggal balapan GP New Jersey digelar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA