Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Menangi GP Bahrain, Vettel Puncaki Klasemen

Senin 23 Apr 2012 08:32 WIB

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Karta Raharja Ucu

Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Foto: Hassan Ammar/AP

REPUBLIKA.CO.ID, BAHRAIN -- Pebalap Red Bull-Renault, Sebastian Vettel berhasil merebut kemenangan di Grand Prix F1 Bahrain. Juara dunia F1 bertahan itu mencatatkan waktu terbaik 1 jam 35 menit 10.990 detik di Sirkuit Sakhir Internasional, Ahad (22/4).

Vettel yang memulai balapan dari posisi terdepan ini berhasil menggagalkan ambisi duo pebalap Lotus-Renault, Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean menjadi raja di Sirkuit Sakhir. Kedua pebalap Lotus-Renault tersebut hanya mampu menempati podium kedua dan ketiga di GP Bahrain.

Bagi Vettel ini adalah podium pertama perdananya di musim balapan F1 2012. Di tiga seri balapan sebelumnya, GP Australia, Malaysia dan Cina, pebalap Jerman tersebut belum mampu naik ke podium pertama.

"Balapan yang menakjubkan, sangat ketat. Kimi dan Romain sangat cepat, tetapi strategi yang diterapkan Red Bull sepertinya bekerja sempurna," ujar Vettel usai kemenangannya di GP Bahrain seperti dikutip laman PlanetF1.com.

Sebelum memenangkan balapan di Sirkuit Sakhir, Vettel harus menghadapi persaingan sengit dengan Kimi. The Iceman, julukan pebalap Lotus-Renault itu, terus membayangi Vettel di lintasan.

Namun, Vettel mampu tampil konsisten saat balapan, meski ditekan terus oleh Kimi. Ketatnya persaingan kedua pebalap tersebut terjadi hingga jelang garis finish. Persaingan resmi dimenangkan Vettel, juara dunia 2011 ini finish tiga detik lebih cepat dari Kimi.

Kimi mengaku kecewa dengan hasil balapan di Sirkuit Sakhir ini. "Saya sedikit kecewa tidak bisa memenangkan balapan di Bahrain," keluhnya kepada Sky Sports. Namun, pebalap Finlandia itu meyakini kecepatan mobil Lotus akan tampil maksimal di musim balapan jet darat 2012.

Rekan setim Vettel, Mark Webber finish di urutan ke empat dengan catatan waktu 38.700 detik di belakangnya. Nico Roseberg yang sempat tampil maksimal di sesi latihan bebas hanya mampu diurutan kelima.

Sedangkan duo pebalap McLaren-Mercedes, Lewis Hamilton dan Jenson Button tidak mampu berbicara banyak di Sirkuit Sakhir. Hamilton hanya mampu finish di urutan ke delapan, sedangkan Button lebih naas harus menyudahi balapan di urutan ke-18.

Dengan kemenangan di Sirkuit Sakhir, Vettel untuk sementara waktu berhasil menduduki puncak klasmen pebalap F1 dengan 53 poin. Di urutan kedua ditempati Hamilton dengan 49 poin, sedangkan rekan setim Vettel, Webber menempati urutan ketiga dengan 48 poin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA