Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Vettel Hanya Butuh Satu Poin Lagi

Ahad 09 Oct 2011 07:45 WIB

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Didi Purwadi

Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Foto: AP/Bela Szandelszky

REPUBLIKA.CO.ID,SUZUKA - Pebalap Red Bull Racing, Sebastian Vettel, hanya membutuhkan satu poin lagi untuk memastikan gelar juara Formula Satu 2011. Vettel berhasil meraih posisi terdepan untuk Grand Prix Jepang yang akan digelar di Sirkuit Suzuka pada Ahad (9/10). Ini merupakan pole position ke-12 yang diraih Vettel sepanjang balapan musim ini.

Pada sesi kualifikasi terakhir yang berlangsung Sabtu (8/10), pebalap Red Bull itu berhasil menorehkan catatan waktu 1 menit 30,446 detik. Vettel berhasil mengungguli pebalap McLaren Mercedes, Jenson Button, dengan catatan waktu yang hanya terpaut 0,009 detik. Meskipun berbeda tipis, angka itu telah membuat Button bergeser ke posisi kedua ketika memulai balapan, Ahad ini.

Rekan satu tim Button, Lewis Hamilton, menguntit di posisi ketiga. Pada sesi kualifikasi terakhir, pebalap asal Inggris ini hanya bisa mencatatkan waktu 1 menit 30,617 detik. Posisi Juara Dunia 2008 itu disusul oleh duo Ferrari, Felipe Massa dan Fernando Alonso, yang mengisi tempat keempat dan kelima. Sementara rekan satu tim Vettel, Mark Webber, akan memulai balapan di posisi keenam.

Catatan Vettel dalam meraih pole position pada musim ini memang cukup fantastis. Dari 15 seri balapan yang sudah dipertandingkan, pebalap berusia 24 tahun itu berhasil menduduki 12 kali posisi terdepan. Vettel hanya gagal meraihnya dalam kualifikasi di Spanyol, Inggris dan Jerman.

Pole position di GP Jepang juga merupakan pole position kelima secara beruntun yang diraih Vettel. “Saya sangat senang. Memulai balapan dari posisi terdepan itu begitu spesial,” katanya seperti dilansir The Sun.

Menghadapi Grand Prix di Jepang, Vettel datang sebagai pemimpin klasemen sementara. Hingga balapan ke-14, pebalap Red Bull ini sudah berhasil mengumpulkan 309 poin. Vettel jauh mengungguli saingan terdekatnya Button yang terpaut 124 poin. Dengan selisih poin itu, Vettel hanya butuh satu poin saja di balapan Suzuka untuk menyabet gelar juara dunia.

Langkah Vettel menjadi juara bisa dihambat andai saja ia gagal mencapai garis finish di Grand Prix Jepang. Sedangkan, Button yang memulai dari posisi kedua tentu saja harus bisa memenangkan balapan. Namun, hal ini tampaknya akan berat mengingat Vettel selalu menjadi juara selama dua tahun terakhir di Suzuka ketika ia memulai balapan di posisi terdepan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA