Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Doohan: Honda Bakal Geser Dominasi Yamaha

Senin 11 Apr 2011 19:19 WIB

Rep: Setyanadivita Livikacansera/ Red: Didi Purwadi

Dani Pedrosa

Dani Pedrosa

Foto: AP/Francisco Seco

REPUBLIKA.CO.ID,JEREZ - Juara dunia lima kali motoGP asal Australia, Mike Doohan, menyakini tim Honda musim ini menemukan perfoma terbaik untuk bersaing dengan Yamaha. Hal itu terlihat dari hasil pada dua seri terakhir musim ini.

Jorge Lorenzo, pebalap Yamaha Factory Racing, sementara ini memang masih memimpin klasemen dengan 45 poin. Tapi, menurut Doohan, dua pembalap Honda berhasil menempel Lorenzo di posisi berikutnya. Dani Pedrosa dan Casey Stoner, yang sama-sama memperkuat Repsol Honda Team, berada di posisi kedua dan ketiga dengan masing-masing 36 dan 25 poin.

“Honda sempat kesulitan tampil terdepan pada beberapa waktu lalu,'' kata Doohan yang lima kali menjadi juara dunia (1994-1998) bersama Honda. ''Meskipun demikian, saya Honda kini telah kembali ke performa terbaiknya. Para pembalap Honda memiliki kesempatan besar untuk meraih gelar juara.''

Dalam tujuh tahun terakhir, pebalap Yamaha mendominasi arena balapan MotoGP dengan lima kali merebut juara dunia. Terakhir adalah Lorenzo yang menjuarai MotoGP musim lalu. Sementara Valentino Rossi, rekan setim Lorenzo yang kini gabung Ducati Team, empat kali juara dunia bersama Yamaha.

Doohan menilai keterpurukan Honda pada beberapa tahun lalu menyebabkan Rossi memutuskan hengkang dari Honda ke Yamaha. Setelah tiga kali juara dunia bersama Honda, Rossi akhirnya pindah ke Yamaha pada 2004.

“Honda sempat kesulitan tampil terdepan beberapa waktu lalu. Inilah yang membuat Rossi memutuskan pergi. Tapi, pindah ke Ducati itu tidak akan mempermudah Rossi untuk kembali tampil berjaya,’’ cetus Doohan yang memperkirakan masa kejayaan Rossi sudah berakhir.

sumber : Super Sport
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA