Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

DRS Akan Buat GP Cina Semakin Seru

Kamis 14 Apr 2011 18:02 WIB

Rep: Setyanavidita Livikacansera/ Red: Didi Purwadi

Jenson Button

Jenson Button

Foto: AP/Mark Baker

REPUBLIKA.CO.ID,SHANGHAI - Federation Internationale de l'Automobile (FIA) secara resmi mengumumkan zona diperbolehkannya penggunaan Drag Reduction System (DRS) di seri ketiga balapan F1, GP Cina, yang akan berlangsung di Shanghai International Circuit pada Ahad (17/4). Seperti dilansir dari ESPN, DRS dapat digunakan pembalap di trek lurus antara turn 13 dan 14 sirkuit Shanghai.

Turn 13 dan 14 merupakan trek lurus kedua terpanjang di seluruh sirkuit F1 setelah trek lurus Sirkuit Internasional Korea. Penggunaan DRS di trek lurus ini diharapkan akan semakin meningkatkan jumlah kesempatan para pembalap untuk saling menyalip. Penggunaan DRS yang telah dilakukan di trek lurus GP Malaysia di Sepang pada Ahad (10/4) lalu terbukti sukses meningkatkan jumlah salip-menyalip antar pembalap sepanjang jalannya balapan.

DRS adalah sistem pengurangan tarikan yang berada di sayap belakang mobil F1 yang dapat disesuaikan atau disetel. DRS yang juga sering disebut dengan F-Duct ini tahun lalu berada di bagian bawah kendaraan yang dapat bergerak. Tapi mulai tahun 2011, penggunaannya telah dilarang.

“Tanpa DRS saja, trek lurus di Shanghai sudah sangat memungkinkan kita untuk menyalip pembalap yang berada di depan kita. Kini dengan DRS, overtaking akan terasa semakin spektakuler,’’ cetus Jenson Button, pebalap McLaren Mercedes, seperti dikutip Sporting Life.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA