Sabtu 28 Jul 2012 21:35 WIB

Ini Penembak Cina Peraih Emas Pertama Olimpiade

Andalan China pada cabang menembak, Yu Siling, memenangi medali emas pertama Olimpiade London 2012.
Foto: london2012.com
Andalan China pada cabang menembak, Yu Siling, memenangi medali emas pertama Olimpiade London 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penembak asal Cina, Yi Siling, mengaku sangat gembira menjadi peraih medali emas pertama Olimpiade 2012. Ia memenangi nomor 10 meter air rifle di Royal Artillery Barrack, London, Inggris, Sabtu (28/7) siang waktu setempat atau Sabtu sore WIB.

"Saya sangat senang," kata Yi seperti dikutip Reuters.

Yi menyelesaikan pertandingannya itu dengan total poin 502.9, setelah melakukan 40 tembakan di babak kualifikasi dan 10 tembakan pada delapan besar putaran final. Penembak Polandia, Sylwia Bogacka, yang sempat unggul pada babak pertama final mendapatkan perak dengan poin 502.2.

Yi sebagai penembak nomer satu dunia tersenyum senang ketika menjadi penyumbang emas pertama untuk China di Olimpiade London. Tak hanya itu, dia menjadi atlet pertama pada Olimpiade London 2012 yang dikalungi medali emas.

"Di babak pertama dan terakhir saya merasa tegang tidak tahu apa yang saya lakukan," kesannya.

Di antara yang menonton pertandingan adalah Presiden Komite Olimpiade (IOC), Jacques Rogge. Ia langsung bertepuk tangan dari tempat duduknya ketika Yi mengklaim medali emas untuk China. "Ya, saya menikmatinya, ada banyak ketegangan, ini adalah soal poin dari sepuluh kali tembakan," kata Rogge.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement