Kamis 26 Jul 2012 20:49 WIB

Stadion-stadion Olimpiade 2012 (1)

Logo Olimpiade 2012.
Foto: robladin.com
Logo Olimpiade 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelaksanaan Olimpiade London 2012 bakal resmi dibuka di Olympic Park di Stratford, timur Kota London, Inggris, Jumat (27/7). Di luar ibukota, pertandingan sepak bola akan diselenggarakan di sekitar Inggris seperti di Cardiff, Coventry, Glasgow, Manchester dan Newcastle.

Cabang kayak slalom akan diselenggarakan di utara London. Sedangkan kayak cepat (sprint) dan dayung di sebelah barat dan balap sepeda gunung di timur ibukota.

Pertandingan layar akan diselenggarakan di Weymouth dan Portland di pantai barat daya Inggris. Berikut ini tempat atau venue pertandingan Olimpiade London 2012: 

---Arena Olympic Park---

1. Stadion Olimpiade

Kapasitas: 80.000 orang

Olahraga: Atletik, ditambah dengan upacara pembukaan dan penutupan

Arena: Baru, tetap (permanen)

Lokasi: Olympic Park

Stadion bernilai 486 juta pounds (sekitar Rp7,12 triliun) memiliki desain yang sederhana dan akan diperkecil setelah Olimpiade.

Baja dan beton di tribun tingkat atas dapat dilepas, menyisakan 25.000 tempat duduk. Konstruksi telah selesai di bawah anggaran pada Maret 2011. Saat ini sedang dalam proses disewakan untuk masa sewa 99 tahun.

2. Pusat Olahraga Air

Kapasitas: 17.500 orang

Olahraga: Loncat Indah, Renang, Renang Indah, Modern Pentathlon

Arena: Baru, tetap

Lokasi: Olympic Park

Didesain oleh arsitek Zaha Adid bernilai 269 juta pounds (sekitar Rp3,93 triliun). Terdiri dari kolam renang sepanjang 50 meter, kolam loncat indah, dan kolam pemanasan. Kapasitas kolam akan dikembalikan menjadi 2.500 kursi setelah Olimpiade.

3. Arena Riverbank

Kapasitas: 15.000 orang

Olahraga: Hoki

Arena: Baru, sementara

Lokasi: Olympic Park

Setelah Olimpiade, arena hoki akan dipindah ke sebelah utara taman dengan fasilitas 3,000 tempat duduk dan dapat menjadi tempat 15,000 pertandingan besar.

4. Arena Bola Basket

Kapasitas: 12.000 orang

Olahraga: Bola Basket, final Bola Tangan (Handball)

Arena: Baru, sementara

Lokasi: Olympic Park

Salah satu dari arena sementara terbesar yang pernah ada, dibangun dengan anggaran 43 juta pounds (sekitar Rp629,8 miliar). Setelah Olimpiade, sebagian dari arena diharapkan dapat digunakan kembali atau dipindahkan ke tempat lain di Inggris.

5. Copper Box

Kapasitas: 6.500 orang

Olahraga: Bola Tangan, Modern Pentathlon (anggar)

Arena: Baru, tetap

Lokasi: Taman Olimpiade

Baris paling bawah memiliki 3.500 tempat duduk dengan dua baris atas berada di bawah lengkungan atap. Dinding kaca membuat orang-orang dapat melihat pertandingan dari luar. Bernilai 93 juta pounds (sekitar Rp1,36 triliun) dan dikelilingi pohon cemara, menjadi Lintasan Bersepeda Piala Dunia pada Februaru tahun ini.

6. Lintasan BMX

Kapasitas: 6,000 orang

Olahraga: Sepeda BMX

Arena: Baru, tetap

Lokasi: Olympic Park

Lintasan sepanjang 450 meter dan memiliki ciri khas jalan menanjak sejauh 8 meter di awal lintasan, dengan lompatan, gundukan, dan tikungan tajam. Pembangunan lintasan memakan waktu enam bulan. Setelah Olimpiade, tempat duduk akan dihilangkan dan lintasan akan direnovasi sehingga cocok bagi pebalap pemula.

7. Arena Polo Air

Kapasitas: 5.000 orang

Olahraga: Polo Air

Arena: Baru, sementara

Lokasi: Olympic Park

Arena yang berbentuk baji ini diselimuti pembungkus berwarna perak dan atap miringnya terbuat dari bantal plastik berisi udara. Ciri khas arena ini memiliki kolam pemanasan di dalamnya. Arena akan diperkecil setelah Olimpiade dan beberapa bagian dari arena itu diharapkan dapat digunakan kembali di Inggris.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement