Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Pusat Bantu Rp 75 Miliar Pembangunan Kolam Renang SEA Games

Ahad 06 Mar 2011 10:55 WIB

Red: Didi Purwadi

SEA Games 2011

SEA Games 2011

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG - Pemerintah pusat membantu pembangunan kolam renang untuk SEA Games ke-26 di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan berupa dukungan dana sebesar Rp 75 miliar.
Rizal Abdullah, Kepala Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel, di Palembang, Ahad (6/3), membenarkan pihaknya telah mendapatkan kepastian dukungan dana tambahan dari APBN untuk pembangunan kolam renang tersebut.

''Dana tersebut direncanakan untuk membangun atap tempat pertandingan (venues) pesta olahraga se-Asia Tenggara mendatang,'' ujar dia. ''Dengan adanya dana itu, pihaknya akan melaksanakan tender pembangunan supaya venues SEA Games tersebut dapat dikerjakan.''

Rizal mengatakan pelaksanaan proses tender itu diperkirakan sekitar satu bulan. Ini mengingat harus teliti serta mengikuti prosedur yang harus diikuti secara ketat. Usai tender, proses pengerjaan atap dilaksanakan sehingga pembangunan kolam renang itu semakin kelihatan.

Menurut Rizal, sebenarnya kolam renang tersebut dibangun pihak ketiga. Sedangkan, pemerintah hanya membantu supaya lebih baik.

''Kolam renang dengan panjang lintasan 25 meter dan 50 m tersebut diharapkan sebelum pelaksanaan SEA Games pada November 2011, sudah rampung supaya dapat diuji coba,'' kata Rizal.

Pihaknya yakin pembangunan fasilitas SEA Games tersebut akan selesai tepat waktu karena telah dikerjakan secara maksimal. Pembangunan sekarang ini lebih 30 persen karena tiang pancang pondasi sudah selesai. ''Mudah-mudahan tidak ada gangguan cuaca sehingga proses pembangunan dapat berjalan lancar dan selesai tetap waktu,'' kata Rizal.

Sejumlah venues SEA Games ke-26 itu masih harus melalui proses tender. Padahal, venue ditargetkan 2-3 bulan sebelum hari H sudah siap dipakai. Saat ini, pembangunan maupun renovasi venues SEA Games itu sedang dikebut penyelesaiannya dengan pengerjaan siang dan malam.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA