Selasa 03 Mar 2015 22:35 WIB

Menuju Championship Series, NBL Seri Semarang Bakal Ketat

NBL Indonesia
Foto: NBL Indonesia
NBL Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Persaingan sengit bakal tersaji pada seri VII Indihome National Basketball League (NBL) Indonesia di Semarang, Jateng, 4-8 Maret. Tim-tim akan berjuang untuk memantapkan posisi di zona play-off atau Championship Series.

"Untuk NBL Indonesia di Semarang ini, tim-tim sudah mulai menancapkan jangkar untuk memastikan lolos ke Championship Series," kata Senior Manager Communication PT DBL Indonesia Yondang Tubangkit di Semarang, Selasa (3/3). 

Menurut dia, Semarang yang baru kali ini menjadi tuan rumah tentunya juga membawa antusiasme tinggi bagi pada kontestan. Terlebih mulai seri di Semarang ini, setiap laga akan sangat krusial. Masing-masing tim dituntut untuk mengoptimalkan setiap laga demi memuluskan ambisi lolos play-off.

Tim-tim seperti Hangtuah IM (peringkat keenam), Garuda Kukar (tujuh), Stadium Jakarta (kedelapan), dan Bimasakti Nikko Steel Malang (sekepuluh) bakal menjadi sorotan selama seri ketujuh di ibu kota provinsi Jawa Tengah ini.

Ia mengatakan, sebagai tim langganan play-off pada empat musim sebelumnya, keempat tim ini benar-benar belum aman. Bahkan kemapanan mereka mendapat ancaman serius dari dua tim kuda hitam yakni JNE BSC Bandung Utama yang sementara ini mampu menyodok ke peringkat lima besar serta Satya Wacana ACA LBC Salatiga yang mengancam di posisi kesembilan.

"Siapa yang lengah, sangat mungkin akan terpental dari delapan besar atau zona Championship Series," katanya.

Beban paling berat pada seri di Semarang ini dialami oleh Garuda. Tim asuhan pelatih Tjejep Firmansyah ini harus bentrok dengan CLS Knight Surabaya, Rabu (4/3), Stadium Jakarta, Jumat (6/3), dan Satria Muda Britama Jakarta, Sabtu (7/3).

”Semangat kami sudah kembali sejak kemenangan di seri kemarin. Kini yang terpenting di menghadapi seri yang cukup panjang ini, harus ada rotasi pemain. Ini untuk menjaga kebugaran setiap pemain, sekaligus memaksimalkan setiap laga,” ujar Christ Gideon, small forward Garuda Kukar Bandung.

Persaingan di papan atas juga tak kalah seru. Posisi Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta sebagai pemuncak klasemen sementara belum sepenuhnya aman. M88 Aspac Jakarta di urutan kedua dan Satria Muda BritAma Jakarta (ketiga) sewaktu-waktu bisa menggusur. Termasuk CLS Knights Surabaya (kempat) yang sedang naik trennya belakangan ini.

CLS Knights mencatatkan tujuh kemenangan beruntun. Dimulai dengan mengalahkan Garuda Kukar Bandung 85-66 pada laga hari terakhir Seri IV di DBL Arena Surabaya, 25 Januari lalu. Setelah itu, CLS sukses menyapu bersih kemenangan pada dua seri terakhir (Seri V Batam dan Seri VI Solo). Aspac dan Pelita Jaya ikut menjadi korban keganasan CLS Knights. Keduanya berhasil dikalahkan pada seri terakhir di Solo.

CLS Knights dijadwalkan berhadapan dengan Garuda pada hari pertama Seri Semarang, Rabu (4/3) besok. Setelah itu, mereka akan meladeni JNE BSC Bandung Utama (Kamis, 5/3), dan NSH GMC GSBC Jakarta (Sabtu, 7/3).

”Untuk kans sapu bersih, kita lihat saja dilapangan nanti. Tapi yang paling penting menjaga chemistry antar pemain. Itulah yang menjadi fokus kami menghadapi seri kali ini,” ujar Mario Wuysang, point guard CLS Knights Surabaya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement