Selasa 03 Mar 2015 12:16 WIB

Pertama Kali, Michel Jordan Masuk Daftar Orang Terkaya Versi Forbes

Rep: Gita Amanda/ Red: Israr Itah
 Michael Jordan
Foto: Reuters/Ray Stubblebine
Michael Jordan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Lama pensiun sebagai pebasket tak membuat tabungan Michael Jordan mengempis. Megabintang basket dunia asal AS ini justru masuk ke dalam daftar miliuner pendatang baru versi majalah Forbes.

Dalam daftar yang dirilis pada 2015, dari 290 pendatang baru, nama Jordan ada di dalamnya. Seperti dilansir dari laman resmi Forbes, Jordan tercatat memiliki kekayaan mencapai 1 miliar dolar AS (Rp 12,94 triliun). Ia berada pada posisi ke-1.741.

Sebagian besar kekayaanya berasal dari perusahaan Nike yang menjadikannya ikon hingga sekarang. Nike menangguk 2,25 miliar dolar AS untuk penjualan Air Jordan pada 2013. Dari sini, Jordan mendapatkan 90 juta dolar AS.

Namun aset paling berharga Jorban berasal dari sahamnya di klub basket NBA, Charlotte Hornets yang bernilai 500 juta dolar AS (Rp 6,47 triliun). Harga saham Jordan melambung setelah mantan CEO Microsoft Steve Ballmer membeli saham LA Clippers seharga 2 miliar dolar AS (Rp 25,9 triliun).

Para pendatang termuda yang masuk dalam daftar Forbes antara lain pendiri Snapchat, Bobby Murphy dan Evan Spiegel. Setelah menolak tawaran Mark Zuckerberg untuk aplikasi foto mereka senilai 3 miliar dolar AS, perusahaan itu kini disebut-sebut mendapat penawaran hingga 19 miliar dolar. Forbes memperkirakan Murphy dan Spiegel meraih kekayaan bersih masing-masing 1,5 juta dolar AS (Rp 19,5 triliun).

Tahun ini Forbes mencatat ada 290 pendatang baru dalam daftar orang terkaya di dunia versi mereka. Hampir 25 persen di antaranya berasal dari Cina yakni 71 orang. Sementara tempat kedua diduduki Amerika Serikat dengan 57 orang, India 28 orang dan Jerman 23 orang. 

Tahun ini, belum ada orang Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement