Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

SM Britama Rebut Puncak NBL Indonesia dari Aspac

Sabtu 31 Mar 2012 22:24 WIB

Red: Hazliansyah

SM Britama

SM Britama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Satria Muda (SM) Britama memenangkan duel klasik basket Indonesia setelah mengalahkan Dell Aspac melalui perpanjangan waktu 62-58 pada NBL Indonesia di Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu. Dengan hasil ini maka peluang SM Britama menjadi juara reguler NBL Indonesia terbuka karena mampu mengambil alih posisi klasemen dari Dell Aspac.

Pertandingan dua tim asal ibu kota ini langsung memanas sejak awal kuater. Pemain dari kedua tim langsung menunjukkan kemampuan terbaiknya meski dalam pengumpulan poin belum maksimal. Hingga menit kelima kedudukan masih sama kuat 4-4. Waktu terus berjalan dengan cepat. Di menit-menit akhir ini poin banyak tercipta. SM Britama banyak mengumpulkan poin melalui Wisnu Arki dan Faisal Achmad. Meski ketat, sang juara bertahan SM mengakhiri kuater pertama dengan 13-9.

Memasuki kuarter kedua, pertarungan ketat cenderung keras terjadi. Di tengah serangan yang keras lampu lapangan sempat mati sehingga pertandingan terpaksa dihentikan dengan kedudukan 17-11 untuk SM.

Setelah terhenti lebih dari 15 menit pertandingan dilanjutkan. SM yang sudah panas langsung menggebrak dan langsung meninggalkan lawannya. Wisnu Arki dan Christian Rinaldo Sitepu cukup berperan di kuarter ini dan membawa timnya unggul 26-17 atas Aspac. Memasuki kuarter ketiga giliran Aspac yang terus memberikan tekanan. Dampaknya perolehan poin semakin mendekat yaitu 31-33. Mario Gerungan cukup berperan dalam mengumpulkan poin yang di antaranya melalui lemparan tiga angka.

Terus ditekan, anak asuh Ocky Tamtelahitu langsung memberikan perlawanan yang tak kalah sengit. Wisnu Arki yang sering lepas dari kawalan pemain Aspac membuat perolehan poin menjauh menjadi 37-31. Namun lawan juga memberikan tekanan. Aspac yang ingin memanfaatkan momen kebangkitan terus berupaya mengejar ketertinggalannya.

Di kuarter terakhir Aspac yang terpacu untuk memenangkan pertandingan langsung memberikan tekanan. Hasilnya mampu menyamakan kedudukan 39-39. Namun SM tak tinggal diam. Tim juara bertahan ini juga memberikan perlawanan sehingga kembali unggul 42-39.

Meski terus mendapatkan tekanan SM tetap bermain dengan tenang, bahkan dalam perolehan poin terus meningkat. Waktu tinggal menyisakan 23 detik, SM Britama masih unggul empat poin. Meski demikian Aspac terus mengejar sehingga membuat skor menjadi 52-52 melalui lemparan tiga angka Oky Wira Sanjaya dan harus dilakukan perpanjangan waktu.

Di perpanjangan waktu tempo permainan menurun. Tetapi SM Britama bermain efektif dan mampu unggul lewat lemparan tiga angka Wisnu Arki dan Christian Rinaldo, sehingga membawa timnya unggul 59-52. Akhirnya pertandingan yang diwarnai permainan keras ini dimenangkan oleh SM 62-58.

"Kami cukup puas dengan hasil pertandingan ini. Apalagi lawan yang dihadapi sama-sama berasal dari ibu kota. Makanya kami tak mau mengalah sejak awal," kata kapten SM Britama Faisal Achmad usai pertandingan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA