Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Mantan Pelatih NBA Dick Harter Meninggal Dunia

Rabu 14 Mar 2012 09:06 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Dick Harter

Dick Harter

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mantan pelatih klub NBA, Charlotte Hornets, Dick Harter, dikabarkan meninggal dunia pada Senin (13/3) malam waktu setempat di rumahnya di Hilton Head, Carolina Selatan. Dick tutup usia saat umurnya menginjak 81 tahun.

Harter melatih di University of Oregon pada era 1970-an dan pada 1988 ia mendapat kesempatan untuk menjadi pelatih kepala pada klub NBA, memimpin Charlotte Hornets. Namun, belakangan ia pindah ke New Orleans. Dengan tim mudanya, ia memiliki rekor 28-94.

Sebagai asisten pelatih klub NBA, Harter bertugas sebagai staf pelatih-pelatih papan atas yakni, Chuck Daly di Detroit, Pat Riley di New York Knicks, P.J. Carlesimo di Portland, dan di bawah tiga pelatih bersama Indiana Pacers, di mana salah satu pelatih yang paling terkenal adalah Larry Bird.

"Ini berat, namun saya memiliki banyak masa-masa menyenangkan dengan Dick," kata presiden operasi bola basket Pacers, Bird. "Membawanya ke sini untuk membantuku ketika saya melatih merupakan hal hebat, bukan hanya untuk saya, namun juga untuk tim dan NBA."

Bird memberi Harter pekerjaan yang mendetail untuk membantu Indiana melaju ke final NBA. Sayangnya, mereka kalah dari Los Angeles Lakers pada laga final musim 2000 lalu.

"Ia sangat bagus pada apa yang dikerjakannya dan pada pertahanan akhir," kata Bird. "Anda tidak dapat menemukan sosok yang lebih baik."

Harter juga sempat bekerja di Pacers, yang mengumumkan kabar kematiannya, di bawah Jim O'Brien pada 2007-2010 dan Jack Ramsay pada 1986-1988.

"Merupakan kehormatan bagi saya untuk dilatih pada dua kesempatan berbeda, oleh salah satu pemikir pertahanan terbaik di NBA," kata mantan bintang Pacers, Reggie Miller.

sumber : AFP/Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA