Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Selasa, 10 Zulhijjah 1439 / 21 Agustus 2018

Play-off NBA, Mimpi Buruk bagi Jazz

Kamis 06 Mei 2010 02:20 WIB

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto

Mimpi buruk Jazz saat bertemu Lakers membayang.

Mimpi buruk Jazz saat bertemu Lakers membayang.

LOS ANGELES--Mimpi buruk dijegal Los Angeles Lakers pada dua musim sebelumnya membayangi Utah Jazz di semifinal wilayah Barat NBA. Jazz saat ini tertinggal 0-2 dari Lakers setelah takluk 103-111 di Staples Center, Selasa (4/5) waktu setempat atau Rabu WIB.

Musim lalu, Jazz kandas di putaran pertama dengan skor 1-4 oleh Lakers yang kemudian tampil sebagai juara. Sementara, pada 2008, Jazz sempat memberikan perlawanan ketat pada Lakers namun akhirnya tetap menyerah 3-4 dalam format playoff the best of seven.

Lakers punya rekor cemerlang dengan hanya sekali gagal ke putaran berikutnya dari 41 kesempatan jika sudah unggul 2-0 dalam seri playoff. Pada dua musim sebelumnya saat menyisihkan Jazz, Lakers juga terlebih dahulu unggul 2-0.

Game kedua ini berlangsung mirip seperti laga sebelumnya. Jazz yang tertinggal sejak awal sempat menipiskan defisit angka di kuarter akhir. Namun dukungan ribuan suporternya membuat Lakers mampu keluar dari tekanan untuk memenangkan laga.

Jika di game perdana Kobe Bryant menjadi bintang, kali ini para bigman Lakers pantas diacungi jempol. Mereka memenangi sejumlah rebound penting untuk membuat Jazz kesulitan mencetak angka. Center Pau Gasol bahkan membuat satu blok penting menghadang tembakan forward Paul Millsap saat Lakers unggul 107-101 dan waktu tersisa satu menit 15 detik.

"Para bigman kami menampilkan permainan menawan tadi. Semuanya bermain cukup mengesankan," puji pelatih Lakers, Phil Jackson.

Jackson memang sengaja menumpuk pemain berpostur besar di pertahanan. Sebab Jazz tidak punya banyak pilihan di keyhole akibat cedera Mehmet Okur dan Andrei Kirilinko. Tanpa dua bigman tersebut, Jazz terlalu bergantung kepada Crlos Boozer dan Paul Millsap.

Lakers membuat 58 rebound sementara Jazz hanya 40. Lakers solid di lini pertahanan dengan membuat 40 rebound, sementara Jazz hanya mencatatkan 21 defensive rebound. "Rebound mereka adalah hal yang tidak bisa kami atasi," sebut Jerry Sloan, pelatih Jazz.

Gasol dan Andrew Bynum menjadi tembok kokoh pertahanan. Total keduanya membuat 29 rebound. Gasol mencetak 22 poin sedangkan Bynum menyumbang 17 angka. Kobe Bryant masih menjadi pemain paling produktif dengan membuat 30 poin ditambah delapan assist.

Millsap dan Boozer, membukukan total 23 rebound. Sayangnya, rekan-rekan mereka tidak kuasa membantu mereka saat bertahan. Millsap membuat 26 poin dan Boozer 20 poin. "Kami sudah mencoba masuk tapi ada dua hingga tiga pemain di sana. Postur mereka menyulitkan kami sehingga terpaksa harus menembak," keluh point guard Jazz, Deron Williams.

Dari wilayah Timur, sesuai prediksi banyak pihak, Orlando Magic tidak kesulitan menundukkan Atlanta Hawks 114-71 di laga perdana yang berlangsung di Amway Arena, Orlando. Istirahat sepekan membuat para pemain Orlando lebih bugar.

Sebaliknya, Hawks hanya punya istirahat sehari akibat harus melakoni game ketujuh untuk menjegal Milwaukee Bucks di putaran pertama. Selain itu, defender Hawks kesulitan menjaga center Magic, Dwight Howard yang membuat 21 poin, 12 rebound, serta lima blok.

Sumber : ap
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Foto Udara Mina, Arafah dan Makkah

Selasa , 21 Agustus 2018, 11:11 WIB