Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Selasa, 4 Zulqaidah 1439 / 17 Juli 2018

Kemenpora Antisipasi Masyarakat Excited Nonton Timnas di GBK

Jumat 12 Januari 2018 16:03 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Ratna Puspita

Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta, Kamis (11/1).

Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Jakarta, Kamis (11/1).

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga mengantisipasi masyarakat yang penuh gairah atau excited menonton laga perdana tim nasional pascarenovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Skuat asuhan Luis Milla Aspas akan menghadapi tim nasional Islandia pada duel persahabatan di GBK, Jakarta, Ahad (14/1). 

“Kemungkinan masyarakat datang terbagi dua. Pertama karena nonton wajah baru stadion seperti apa dan kedua nonton timnasnya. Excited-nya itu kan berpotensi menjadi banyak sekali,” ujar Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewabroto di Kompleks Istana Negara, Jumat (12/1).

Gatot mengatakan, dalam pertandingan ini akan dibuat dengan sistem tiket yang berbeda dengan biasanya. Dalam pertandingan ini akan menggunakan kartu pintar (smart card). 

Melalui sistem ini masyarakat yang membeli banyak tiket kemungkinan mendapatkan kursi yang terpisag-pisah akibat batas waktu pembelian. Tiket akan memiliki barcode yang hanya bisa dipakai sesuai row tertera. Untuk itu, PSSI dan Kemenpora pun akan mengedukasi masyarakat agar mereka bisa lebih mudah masuk ke GBK dengan tiket yang dimiliki.

“Kalau bunyi hijau itu mempersilakan masuk. Kalau merah otomatis si petugas berhak melarang ada dua kemungkinan, itu palsu atau itu bukan kartu masuk stadion,” ujar Gatot.

Kemudian, pada saat akan masuk dalam stadion pengecekan akan sangat teliti. Pemeriksaan manual bakal dilakukan pasukan pengamanan presiden (Paspampres) guna menghidari lolosnya flare atau suar serta laser yang kerap dibawa ketika menonton.

Akses masuk Stadium GBK juga masih terbatas. Manajemen lalulintas akan dibahas lebih lanjut. Hingga saat ini, akses masuk baru bisa melalui gerbang di depan Hotel Mulia. Tetapi saat pertandingan, beberapa gerbang akan dibuka.

PSSI dan Kemenpora pun telah mempersiapkan segala cara untuk mencegah kerusuhan saat pertandingan. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan, panitia juga sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya. Sekitar 2500 personel akan diturunkan mengamankan GBK.

Kemenpora juga telah mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk ikut serta meresmikan renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan menonton secara langsung pertandingan Indonesia vs Islandia. Jokowi pun memastikan bisa hadir dalam acara tersebut, Ahad (14/1).

 

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES