Selasa 11 Jul 2017 19:49 WIB

KOI Gandeng Konsorsium Jepang Jadi Tim Promosi Atlet Nasional

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Ketua Umum KOI Erick Thohir (ketiga dari kiri) dan Presiden Dentsu Sport Asia Kunihito Morimura (keempat dari kiri).
Foto: Republika/Bambang Noroyono
Ketua Umum KOI Erick Thohir (ketiga dari kiri) dan Presiden Dentsu Sport Asia Kunihito Morimura (keempat dari kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menggandeng konsorsium dari Jepang, Dentsu Sport Asia (DSA) agar memajukan nilai atlet Indonesia di gelanggang dunia. Kerja sama antara badan olahraga nasional bersama perusahaan tersebut khusus dalam bidang promosi dan marketing atlet-atlet berprestasi di Tanah Air.

Ketua KOI Erick Thohir menjelaskan, selama ini atlet-atlet berprestasi di Indonesia sulit mendapatkan sponsor. Mereka jga sulit memanajemen diri serta karier agar bisa bersaing dengan olahragawan papan atas dunia.

Padahal, menurut dia, banyak atlet-atlet berprestasi milik anak negeri yang juga punya reputasi tinggi di global. Namun, kariernya mandeg karena minim sponsor lantaran kurang promosi.

"Kerjasama KOI dengan Dentsu ini untuk mempromosikan atlet-atlet tersebut di internasional," ujar Erick saat penandatanganan kerja sama tersebut, di Jakarta pada Selasa (11/7).

Erick menerangkan kerjasama tersebut menyangkut dengan pencarian sponsor. Dia mengatakan Dentsu yang akan menjadi lini marketing bagi KOI di lingkaran badan swasta asing agar mau menjadi sponsor bagi atlet-atlet berprestasi di Indonesia.

"Ini menjadi inovasi yang kita (KOI) lakukan. Dan, tidak aneh di negara-negara lain," ujar dia.

Erick mengatakan, Dentsu akan menjadi tim promosi, sekaligus penggaet perusahaan-perusahaan khusus di Jepang untuk mau menjadi sponsor atlet-atlet di Indonesia. "Kami bukan tidak mengharapkan perusahaan di dalam negeri. Tapi, saat ini Dentsu yang berani menawarkan diri," ujar dia.

KOI dan Dentsu pun sudah menyiapkan bentuk kerjasama jangka pendek dan jangka panjang. Erick mengatakan, momentum Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang bakal menjadi kerjasama pertama bagi keduanya. Momen utama dari kerjasama tersebut, yaitu menjadikan Olimpiade 2020 di Jepang sebagai sarana promosi para atlet-atlet Indonesia.

Presiden dan CEO Dentsu Kunihito Morimura menyampaikan, kekagumannya dengan geliat olahraga di Indonesia. Dia mengatakan Indonesia punya potensi sebagai negara dengan populasi atlet yang melimpah.

Dia pun mengaku bangga bisa menjadi bagian dari tim, yang bisa mengantarkan atlet-atlet Indonesia menuju reputasi dunia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement