Kamis 06 Oct 2016 01:55 WIB

Penyelenggaraan TAFISA Games 2016 Gunakan Teknologi NFC

Tafisa Games 2016
Foto: tafisagames2016.com
Tafisa Games 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan TAFISA Games 2016 yang akan berlangsung mulai 6 Oktober mendatang. Ini merupakan festival terbesar untuk olahraga rekreasi.

TAFISA Games 2016 rencananya akan diikuti 110 negara dengan jumlah partisipan yang mencapai 30 ribu orang. Jumlah tersebut terbagi menjadi 15 ribu peserta dalam negeri dan 14 ribu peserta luar negeri.

Guna memudahkan penyelenggaraan acara, guna mendukung manajemen dan keamanan akan digunakan sistem Near Field Communication (NFC). Teknologi yang sebelumnya juga digunakan dalam Olimpiade Rio ini, penerapannya akan mencakup penyediaan akreditasi dan registrasi peserta, manajemen masuk venue, seta pengaturan akomodasi bagi para peserta.

"Secara garis besar setiap peserta akan diberikan sebuah kartu akreditasi ketika mereka mendarat di Jakarta, yang akan berfungsi sebagai kartu identitas mereka selama penyelenggaraan acara," ujar Ilya Kravtsov, CEO Pouchnation selaku penyedia teknologi NFC untuk TAFISA Games 2016, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia mengatakan, kartu akreditasi ini dapat dimanfaatkan sebagai medium validasi untuk memasuki area-area acara bahkan untuk digunakan dalam mengklaim segala sesuatu kebutuhan mereka.

"Termasuk untuk sistem klaim jatah makan mereka," katanya.

Rizqa El Fouz dari PouchNation Indonesia menjelaskan, kartu identitas yang akan dipegang para peserta berupa gelang yang didalamnya terdapat chip berisikan kode unik. Sehingga nantinya saat akan memasuki area ataupun berbagai kebutuhan lainnya, gelang yang melekat tersebut akan dipindai dengan menggunakan sebuah device khusus.

Nantinya di device tersebut akan terlihat seluruh informasi terkait si pemegang gelang atau kartu identitas.

"Jadi ini bisa digunakan untuk peserta maupun pengunjung," ujar Rizqa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement