Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Ketua DPR Janji Dukung Peningkatan Olahraga di Indonesia

Selasa 23 Aug 2016 18:37 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Israr Itah

Ade Komarudin

Ade Komarudin

Foto: Republika/ Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR RI berjanjin memberikan dukungan penuh terhadap Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk peningkatan prestasi olahraga di Indonesia. Ini disampaikan Ketua DPR RI Ade Komarudin (Akom) saat menyambut kontingen Indonesia dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di Bandara Seokarno Hatta, Selasa (23/8).

Salah satu upaya yang dilakukan DPR, kata dia, memperjuangkan dan mempertahankan jumlah anggaran Kemenpora. "Boleh yang lain dipotong. Tapi, untuk Kemepora kami perjuangkan," ujar dia.

Politisi Partai Golkar itu menuturkan, ada beberapa usulan Menpora Imam Nahrawi untuk mendukung peningkatan olahraga Indonesia, yakni membuat badan usaha olahraga atau yayasan.

Akom melanjutkan, dengan alasan bonus atlet harus dari dana yang tersedia dengan baik, maka DPR mendorong adanya yayasan olahraga. Ia meminta pada Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarmo menginstruksikan BUMN dan jajarannya ikut memberikan kontribusi besar untuk pembinaan olahraga nasional.

Kemudian ia juga berharap para pengusaha nasional akan ikut memberikan dana melalui yayasan yang akan dibentuk Kemenpora.

"Saya terima kasih, ternyata Rp 5 miliar itu masing-masing (untuk peraih medali emas Olimpiade). Kita hargai siapapun anak bangsa yang berprestasi," jelasnya.

Di hadapan para peraih medali Olimpiade Rio 2016, Akom mengucapkan terima kasih atas perjuangan mereka. Menurutnya, di ajang pesta olahraga terbesar itu, Indonesia mampu menunjukkan diri sebagai bangsa yang besar melalui atlet-atletnya.

Ia juga mengucapkan selamat pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Indonesia yang mendapat hadian emas tepat saat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-71 melalui cabang bulu tangkis.

"Indonesia menunjukkan diri sebagai banga besar, merah putih telah berkibar di Rio, selamat atas prestasi itu," tutur Akom. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA