Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Asian Games 2018 di Sumsel Bebas Tembakau

Selasa 26 May 2015 23:45 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: M Akbar

Alex Noerdin

Alex Noerdin

Foto: Antara/ Feny Selly

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Sukses melaksanakan Sea Games XXVI pada 2011 dengan konsep “Go Green” di Sumatera Selatan (Sumsel), kini Gubernur Sumsel Alex Noerdin mencanangkan Asian Games XVIII pada 2018 sebagai even olahraga internasional yang bebas tembakau atau bebas asap rokok.

Rencana menjadikan Asian Games 2018 di Sumsel yang bebas dari asap rokok disampaikan Alex Noerdin menerima Ketua Komisi Nasional (Komnas) Pengendalian Tembakau Prijo Sidipratama, Selasa (26/5) di kantor Gubernur Sumsel jalan Kapten A Rivai.

Menurut Alex Noerdin, Pemerintah Provinsi Sumsel menyambut baik inisiasi dari Komnas Pengendalian Tembakau untuk mensukseskan Asian Games 2018 di Sumsel yang bebas tembakau.

Sementara itu Ketua Komisi Nasional Pengendalian Tembakau Prijo Sidipratama menjelaskan, Gubernur Sumsel Alex Noerdin adalah kepala daerah yang konsen dalam upaya pengendalaian tembakau.

“Kami datang dengan harapan dapat mengadvokasi masyarakat Sumsel terhadap tembakau yang akan diselenggarakan Desember 2015,” ujarnya.

Menurut anggota Komnas Pengendalian Tembakau Hakim Sarimuda Pohan,  sebagai tuan rumah Asian Games melalui even olahraga ini dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat bahwa tidak ada hubungan positif antara rokok dan olahraga.

Peranan Gubernur sangatlah besar memajukan derah melali olahraga. Untuk itu penegakan peraturan pemerintah melaui undang–undang 109 tahun 2012 tentang iklan rokok di masyarakat harus terus dipantau.

Terhadap rencana Komnas Pengendalian Tembakau tersebut, Gubernur Sumsel menyatakan mendukung kegiatan advokasi yang akan diselenggarakan Desember mendatang. “Kebiasan merokok itu menjadi pintu gerbang narkoba,” ujar Alex Noerdin.

Gubernur Alex Noerdin juga menjelaskan, Sumatera Selatan yang ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama DKI Jakarta, sudah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan olahraga multi even. Sumsel sudah terbukti sukses menyelenggarakan Sea Games, Islamic Solidarity Games (ISG) dan Asian University Games (AUG). “Dari seluruh even olahraga tersebut Indonesia keluar sebagai juara umum,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA