Kamis 26 Feb 2015 23:30 WIB

Indonesia Bakal Batasi Jumlah Atlet yang Bakal Tampil di SEA Games 2015

Red: M Akbar
SEA Games 2015 Singapura (ilustrasi)
Foto: www.pinterest.com
SEA Games 2015 Singapura (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) membatasi kuota atlet yang ikut bertanding di SEA Games 2015 di Singapura dengan prioritas untuk atlet yang berpeluang mendapatkan medali.

"Kami membatasi atlet yang akan diberangkatkan. Kalau yang bersangkutan tidak bisa berprestasi, tidak akan diberangkatkan namun tetap mengikuti pelatnas, training camp dan try out. Jadi tidak akan dirugikan," kata Ketua Satlak Prima Suwarno di Kantor Komite Olahraga Nasional Pusat, Jakarta, Kamis (26/2).

Suwarno mengatakan, dengan keterbatasan dana yang dimiliki untuk pembinaan atlet SEA Games, diharapkan cabang olahraga mengerti mekanisme pengiriman kontingen Indonesia yang berlaga di pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut.

Mekanisme tersebut adalah memprioritaskan atlet yang akan bisa membawa pulang medali emas dan perak dengan jumlah atlet maksimum 500 atlet yang diberangkatkan dari 33 cabang olahraga.

"Keputusan nama atlet yang akan diberangkatkan, yakni pada 25 Maret 2015 dan yang berangkat tidak lebih dari 500 orang. Sekarang tidak ada jaminan atlet yang di pelatnas bisa diberangkatkan ke Singapura," kata Suwarno yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum KONI Pusat.

Salah satu cabang yang akan dibatasi jumlah atletnya adalah balap sepeda, yakni dari 40 atlet yang terdiri dari 28 putra dan 12 putri, diseleksi menjadi 14 putra dan 5 putri yang saat ini sedang berlatih di Yogyakarta kemudian akan diberangkatkan 8 atlet yang terdiri atas 6 putra dan 2 putri.

Meskipun pengurangan tersebut disayangkan oleh Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), Prima berkeyakinan jumlah atlet tersebut berpeluang mendapatkan medali

"Untuk bisa bertanding dengan kuota 6 dan 2 harus bisa memilih nomor mana yang bisa diikuti dan punya peluang proyeksi medali. Kami pakai sistem prioritas," kata Suwarno menambahkan.

Dengan sisa waktu kurang dari 99 hari menuju SEA Games ke-18 di Singapura yang dihelat pada 5-16 Juni 2015, Prima mengoptimalisasi persiapan atlet dengan uji coba dan pemusatan pelatihan di luar negeri.

Target Prima pada kontingen Indonesia adalah membawa pulang 49 medali emas.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement