Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Trivisa, Kisah Nyata Kriminalitas Hong Kong

Kamis 26 Jan 2017 14:08 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri

Trivisa, Kisah Nyata Kriminalitas Hong Kong.

Trivisa, Kisah Nyata Kriminalitas Hong Kong.

Foto: Wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Kwai Ching-hung (Gordon Lam), Yip Kwok-foon (Richie Ren), dan Cheuk Tze-keung (Jordan Chan) tak saling mengenal. Namun, ketiganya punya kesamaan: pelaku kriminal paling ditakuti di Hong Kong sekira dua dekade silam.

Yip Kwok-foon menjadi buronan setelah melakukan baku tembak dengan Royal Hong Kong Police. Selama dalam pelarian, ia sukses melakukan bisnis gelap dengan menyelundupkan barang-barang elektronik.

Cheuk Tze-keung menghidupi diri dari uang tebusan hasil berbagai penculikan yang ia lakukan. Sementara, Kwai Ching-hung yang punya banyak nama samaran sangat lihai melakukan banyak perampokan berskala kecil tanpa terlacak polisi.

Entah bagaimana, isu besar menyebar pada 1997, di masa penyerahan kedaulatan Hong Kong dari Britania Raya kepada Cina. Ketiga penjahat tersebut dikabarkan berkomplot di bawah naungan bendera "Three Kings of Thieves".

Tak seorang pun di antara mereka menyadari rumor tersebut, padahal ketakutan sudah menyelimuti penjuru Hong Kong. Lambat laun, Kwai yang kali pertama mendengarnya segera mencari Yip dan Cheuk untuk betulan mengajak mereka bekerja sama.

Cerita yang diadaptasi dari kisah nyata itu diangkat dalam sebuah film layar lebar bergenre thriller-crime berjudul Trivisa. Sinema yang dinobatkan sebagai Film Terbaik 2016 oleh kritikus Hong Kong itu disutradarai secara keroyokan oleh Frank Hui, Jevons Au, dan Vicky Wong.

Aksi para kriminal sadis tersebut disajikan dramatis dan penuh perlawanan dengan polisi. Pembekukan mereka menggegerkan seluruh penjuru Hong Kong dan menjadikan mereka komplotan kriminal Hong Kong paling ditakuti.

Alur cerita, penggambaran karakter, suntingan gambar, serta akting pemeran yang mumpuni membuat film ini berhasil menarik perhatian para penikmat film di Cina. Film yang diproduseri Johnnie To ini juga ditayangkan di Berlin International Film Festival, Hong Kong International Film Festival, serta berbagai perhelatan film bergengsi lainnya.

Tentunya, Trivisa sangat sesuai disimak para penyuka thriller dan film laga. Bagi yang penasaran dan belum sempat menonton, dapat menyaksikannya di program New Year Blockbuster saluran televisi berbayar CELESTIAL MOVIES (CM) pada Sabtu, 28 Januari 2017 pukul 20.00 WIB.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA