Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Warga Jambi Bayar PBB Lewat Pos

Selasa 24 Jan 2017 18:29 WIB

Red: Andi Nur Aminah

 Antrean warga di kantor pos

Antrean warga di kantor pos

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Fasilitas pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) melalui layanan kantor Pos di Kota Jambi dimanfaatkan oleh sejumlah anggota masyarakat di kota itu. "Kendati baru tiga bulan layanan pembayaran PBB diperkenalkan di Kota Jambi, namun sambutan masyarakat yang memanfaatkan layanan ini cukup optimal. Selama tiga bulan ini pembayaran PBB melalui Kantor Pos di Jambi mencapai Rp800 juta," kata Kepala Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Jambi Norman Fitriadi di Jambi, Selasa (24/1).

Menurut dia, layanan pembayaran PBB melalui Pos Indonesia di Kota Jambi telah berlangsung sejak Oktober 2016, dan merupakan inovasi layanan pembayaran PBB di daerah itu. Dengan layanan pembayaran PBB di Kantor Pos yang tersebar di kota itu, kata dia, maka memperdekat akses masyarakat untuk melakukan pembayaran PBB.

"Kami bekerja sama dengan Pemkot Jambi, dan ternyata layanan PBB melalui Kantor Pos direspon positif. Rencananya layanan serupa akan dilakukan di daerah lainnya di Jambi," katanya.

Beberapa daerah terdekat yang menyusul adalah Tanjungjabung Timur, kemudian dikembangkan di daerah lainnya. Menurut Norman, inovasi layanan itu dapat meningkatkan efektifitas penghimpunan PBB di daerah. "Selain di Kantor Pos, ke depan PBB juga bisa dilakukan di mall-mall, yang mana kami menempatkan Gerai Pos di sana," katanya.

Dengan dukungan infrastruktur Kantor Pos yang telah online, maka program layanan itu bisa dilakukan di daerah lainnya berdasarkan kerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

Ia optimistis, pada 2017 pembayaran PBB melalui layanan itu akan terus meningkat. Terlebih rencananya layanan serupa akan diterapkan di kabupaten lainnya di Jambi. Selain layanan PBB, Norman mengatakan pihaknya juga tengah menjajaki layanan pembayaran pajak kendaraan online di Kantor Pos. Layanan itu telah diujicobakan di Pos Indonesia Jawa Timur, dan rencananya ia akan menerapkannya di Jambi.

"Makin banyak jaringan pelayanan pajak, makin mudah masyarakat mengakses layanan itu, otomatis bisa meningkatkan pendapatan pajak bagi negara," katanya.

Sedangkan untuk meningkatkan layanan kiriman surat dan parcel, pihaknya membuka kesempatan masyarakat, komunitas dan koperasi untuk menjadi mitra melalui pendirian gerai pos.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA