Kamis 19 Jan 2017 15:28 WIB

Anthony Ginting Menang, Wakil Malaysia Habis di Kandang Sendiri

Pemain tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.
Foto: PBSI
Pemain tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

REPUBLIKA.CO.ID, SIBU -- Tampaknya Malaysia masih memiliki tugas berat untuk melakukan regenerasi menggantikan peran pemain senior Lee Chong Wei. Hal ini terlihat dari turnamen Malaysia Open Grand Prix Gold 2017, tidak ada satu pun wakil Malaysia di sektor tunggal putra yang lolos ke babak perempat final.

Wakil Malaysia terakhir di babak ketiga tunggal putra, Chong Wei Feng tidak mampu mengimbangi permainan pemain muda Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Awal gim pertama, Feng sempat unggul dengan 0-2 dan 2-4. Namun, Ginting mampu menyamakan kedudukan dengan 4-4 dan 5-5.

Setelah itu Ginting mampu mengungguli permainan dengan 11-7 di paruh gim pertama. Dominasi permainan Ginting semakin terlihat saat Feng beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Gim pertama dimenangi Ginting dengan 21-15.

Di gim kedua, sejak kedudukan 6-6, Feng mengungguli perolehan angka karena perubahan strateginya yang cukup berhasil. Feng sempat unggul jauh dengan 8-14 dan 10-15. Ginting tak menyerah dan mulai mengejar ketertinggalan.

Perlahan-lahan perolehan angka Ginting mengejar dengan 13-15 dan menyamakan kedudukan dengan 16-16 dan 18-18. Feng mampu menyentuh game point terlebih dahulu dengan 18-20. Ginting memaksakan deuce dengan 20-20 dan 21-21. Ginting mampu menuntaskan dua angka terakhir dan memenangkan pertandingan dengan 23-21.

Kemenangan Ginting ini sekaligus membalas kekelahan dalam pertemuan pertama melawan Chong Wei Feng di Macau Open Grand Prix 2016 lalu. Saat itu di babak ketiga, Ginting kalah dengan 17-21, 21-19 dan 18-21.

Selain Ginting, wakil Indonesia lainnya, Wisnu Yuli Prasetyo juga melangkah ke babak perempat final. Setelah di babak ketiga, Wisnu mengalahkan pemain Thailand, Pannawit Thongnuam dengan 14-8 retired.

Dengan demikian, wakil tunggal putra Indonesia mendominasi babak perempat final Malaysia Open GPG 2017 dengan lima wakil. Wisnu akan melawan seniornya yang merupakan unggulan tujuh, Tommy Sugiarto. Ginting akan melawan unggulan enam dari India, Ajay Jayaram.

Unggulan delapan, Jonatan Christie akan melawan unggulan pertama dari Hong Kong, Ng Ka Long Angus. Serta wakil terakhir melalui Muhammad Bayu Pangisthu akan melawan pemain senior Korea Selatan unggulan lima, Lee Hyun Ill.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement