Ahad 15 Jan 2017 09:29 WIB

Manfaat 'Ajaib' Olahraga Bagi Tubuh

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Winda Destiana Putri
olahraga
Foto: Republika/Agung Supriyanto
olahraga

REPUBLIKA.CO.ID, Pusat informasi layanan kesehatan NHS Choices di Inggris menganjurkan masyarakat untuk berolahraga secara teratur karena manfaat 'ajaib'-nya bagi tubuh. Apalagi, beberapa jenis olahraga bisa dengan mudah dilakukan tanpa biaya sepeser pun.

"Olahraga rutin mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kanker hingga 50 persen," ujar NHS Choices dalam sebuah pernyataan dilansir laman Dailymail.

Kebiasaan baik itu juga telah terbukti meningkatkan mood dan memperbaiki kesehatan mental. Stephen Buckley dari yayasan kesehatan mental Mind mengatakan, banyak studi mengungkap bahwa olahraga luar ruang sangat efektif sebagai antidepresan.

Jogging sepekan sekali, misalnya, disebut Buckley dapat mengatasi kecemasan dan depresi ringan yang dialami seseorang. Melalui program Get Set To Go yang digagas, Mind menawarkan cara mudah lain yang bisa dicoba untuk hidup aktif dan sehat.

Situs Get Set To Go membantu mereka yang masih enggan berolahraga atau terkendala beberapa hal. Misalnya, tidak tahu mau mulai dari mana, belum terbiasa, merasa lelah sepanjang waktu, tidak pe-de ke tempat latihan, dan lain-lain.

Yayasan kesehatan mental itu meyakinkan masyarakat bahwa olahraga tidak butuh banyak uang. Bagi mereka yang bingung bagaimana memulainya, disarankan untuk menumbuhkan niat bergerak dari hal sepele. "Karyawan yang bekerja misalnya, bisa berjalan beberapa menit saat istirahat makan siang, bergerak sejenak di luar kantor bisa membuat semangat Anda meningkat dan akan berpengaruh terhadap kesehatan," ujar Buckley.

Baca juga: Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum, Saat dan Setelah Olahraga

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement